Cerita Warga Temukan Serpihan Peluru saat Meledaknya Gudang Amunisi TNI di Ciangsana

Cerita Warga Temukan Serpihan Peluru saat Meledaknya Gudang Amunisi TNI di Ciangsana

Nasional | okezone | Minggu, 31 Maret 2024 - 03:40
share

BOGOR Seorang warga bernama Sopian mengungkapkan dirinya menemukan serpihan peluru saat mengevakuasi warga di tengah meledaknya Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Sabtu 30 Maret 2024 malam.

"Pas kita lagi jaga di pos, radius 300 meteran dari lokasi ledakan, pas di atas kepala persis (serpihan peluru), dipungut sama temen-temen juga pas dilihat serpihan yang tinggal potongannya," kata Sopian kepada wartawan di rumah pengungsi warga, Minggu (31/3/2024) dini hari.

Sopian menemukan satu serpihan peluru, tersebut setelah satu jam ledakan pertama di gudang terjadi, saat itu suara ledakan sedang kencang-kencangnya.

"Sekitar satu jam lah, ga lama pas stand by disitu sama temen temen pemerintah desa, itu pas lagi kenceng kencengnya pas lagi banyak ledakan. Pas di atas kepala, diambil serpihannya itu, cuma satu," ucao Sopian.

Seperti diketahui, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan mengungkapkan sebanyak 15 gudang aminusi senjata milik TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bekasi terbakar, Sabtu (30/3/2024) malam.

"Sekitar 15 gudang (terbakar). Tetapi kami pastikan sekali lagi bahwa sistem pergudangan sudah sesuai prosedur berada di bunker semua dan apalagi kondisi munisi yang kadaluarsa ini sudah sudah aman kalau ledakan tetapi ya kita tidak tahu munisi kan terbang kemana-mana," kata Hasan kepada wartawan.

Hasan mengungkapkan ledakan dan kebakaran di gudang senjata tersebut dikarenakan adanya amunisi yang kadaluarsa.

Topik Menarik