BNPB Akan Gelar Modifikasi Cuaca Dukung Pencarian Korban Longsor di Bandung Barat

BNPB Akan Gelar Modifikasi Cuaca Dukung Pencarian Korban Longsor di Bandung Barat

Nasional | okezone | Kamis, 28 Maret 2024 - 14:17
share

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggelar operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menangani kejadian bencana longsor di Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melaporkan tercatat ada 11 orang korban hilang yakni 10 orang di Desa Cipongkor dan 1 orang di Kecamatan Rongga.

Dari 11 orang yang hilang sebanyak 4 telah ditemukan di Desa Cipongkor, namun 1 orang di Kecamatan Rongga belum ditemukan. Pencarian sempat dihentikan akibat cuaca buruk.

Ada beberapa prioritas yang akan dilakukan dalam fase tanggap darurat ini, upaya pencarian korban di Cipongkor untuk yang pencarian 6 korban hilang ini kemarin sempat dihentikan karena cuaca tidak memungkinkan, kata Aam sapaan Abdul Muhari pada Disaster News Update, Kamis (28/3/2024).

Bahkan Kepala BNPB sewaktu bermaksud untuk meninjau langsung ke lokasi longsor itu juga tidak disarankan karena kondisi tanah longsoran itu masih basah dan cuaca masih hujan. Sehingga sangat membahayakan jika tim pencari masih melakukan operasi pencarian dalam kondisi cuaca yang demikian, tambah Aam.

Topik Menarik