3 Negara Asia Tenggara yang Berpeluang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

3 Negara Asia Tenggara yang Berpeluang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Nasional | karawang.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 10:01
share

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Sekadar diketahui, ada enam negara Asia Tenggara yang ambil bagian di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun sebanyak 3 negara Asia Tenggara yang berpeluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diulas redaksi. 

Keenam negara tersebut  ialah Timnas Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia dan Filipina. Berdasarkan data hingga hingga matchday keempat atau ketika menyisakan dua laga lagi, ada tiga negara Asia Tenggara yang berpeluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sekaligus menyegel tempat di Piala Asia 2027.

Meski butuh usaha ekstra, peluang mereka untuk memesan tempat di babak selanjutnya sangat besar. Siapa saja?

Berikut 3 negara Asia Tenggara yang berpeluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

1. Timnas Indonesia

Terakhir ada Timnas Indonesia. Skuad Garuda merupakan wakil Asia Tenggara dengan performa paling luar biasa saat ini.

Hingga matchday keempat, Timnas Indonesia menempati posisi dua Grup F dengan tujuh angka. Timnas Indonesia unggul empat angka dari Timnas Vietmam di tempat ketiga, serta unggul enam poin dari Filipina di dasar klasemen.

Untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Piala Asia 2027, Timnas Indonesia hanya perlu memenangkan satu dari dua laga sisa. Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan menjamu Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024).

2. Malaysia

Malaysia saat ini menduduki peringkat tiga klasemen Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan enam angka. Skuad asuhan Kim Pan-gon ini hanya tertinggal tiga angka dari Kirgistan dan Oman yang berturut-turut menempati peringkat satu dan dua.

Skuad Harimau Malaya –julukan Malaysia– diprediksi akan menyegel posisi dua besar jika sanggup menahan Kirgistan di kandang lawan pada 6 Juni 2024. Setelah itu, Malaysia kemungkinan besar menang atas Taiwan pada 11 Juni 2024, sambil berharap Kirgistan tumbang di kandang Oman pada saat yang bersamaan.

3. Thailand

Thailand saat ini menempati peringkat tiga Grup C dengan koleksi empat angka. Skuad Gajah Perang hanya terpaut tiga poin dari China di posisi dua, atau batas akhir tim yang lolos ke babak selanjutnya.

Thailand akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia asalkan menang saat tandang ke markas China di matchday kelima pada Kamis, 6 Juni 2024. Setelah menang lawan China, Thailand diprediksi menang saat menjamu Singapura. Di saat Thailand menjamu Singapura, China harus bertandang ke markas tim kuat Korea Selatan.

Topik Menarik