3 Menantu Jenderal yang Punya Karir Mentereng di TNI, Ada yang Jadi Presiden

3 Menantu Jenderal yang Punya Karir Mentereng di TNI, Ada yang Jadi Presiden

Nasional | okezone | Senin, 25 Maret 2024 - 05:07
share

KARIR seseorang sangat dipengaruhi oleh kedudukan keluarga. Ya, orang dari kalangan keluarga sukses dan berpengaruh biasanya akan punya karir yang sukses juga.

Dalam lingkungan TNI, ada sederet prajurit yang menikah dengan anak perwira tinggi atau jenderal dan hampir semuanya punya pengaruh positif ke karir milternya.

Nah, berikut 3 jenderal TNI yang juga menantu jenderal :

1. Andika Perkasa

Jenderal TNI (Pum) Andika Perkasa merupakan lulusan dari Akademi Militer pada 1987 dan menjalani tugas pertamanya dalam bidang infanteri di Kopassus. Andika dikenal sebagai jenderal intelektual karena bergelar doktor dan pernah menempuh pendidikan di berbagai kampus terkemuka di dunia.

Andika merupakan menantu Jenderal TNI (Pum) AM Hendropriyono. Andika menikahi Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati, putri mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut pada 1992.

Andika punya karir mentereng. Ia pernah jadi Kadispen TNI AD, Komandan Paspampres, Pangdam Tanjungpura, Panglima Kostrad, KSAD hingga puncaknya dipercaya oleh Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI periode 2021-2022.

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden keenam Indonesia. SBY dua periode memimpin dari 2004-2009 dan 2009-2014.

SBY merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1973 dengan mendapat gelar Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama yang merupakan prestasi tertinggi gabungan mental, fisik dan kecerdasan intelektual.

Pada 1976, ia menikahi Kristiani Herawati atau Ani, anak ketiga dari Jenderal (Purnairawn) Sarwo Edhi Wibowo. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua orang anak.

SBY dikenal prajurit cerdas, sering dikirim untuk belajar di luar negeri. Karir militernya juga oke. Pernah jadi Kasdam Jaya, Pangdam Sriwijaya, Kaster TNI. SBY pensiun dari militer lalu diangkat jadi Menko Polkam oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

SBY kemudian bergabung dengan Partai Demokrat yang baru setahun dideklarasikan. SBY dicalonkan jadi kandidat presiden oleh Demokrat dan terpilih di Pilpres 2004 berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Topik Menarik