3 Peristiwa Menegangkan Soekarno saat Ramadhan, Diculik hingga Jadi Target Penembakan

3 Peristiwa Menegangkan Soekarno saat Ramadhan, Diculik hingga Jadi Target Penembakan

Nasional | okezone | Minggu, 17 Maret 2024 - 04:08
share

PRESIDEN Soekarno ternyata pernah mengalami peristiwa unik di bulan Ramadhan dan menjadi bagian sejarah bangsa. Berikut beberapa peristiwa yang dialami Bung Karno saat bulan Ramadhan.

1. Diculik ke Rengasdengklok

Penculikan Soekarno ke Rengasdengklok terjadi saat umat Islam menjalani ibadah puasa Ramadhan. Sekelompok pemuda menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok karena ingin secepatnya Proklamasi Indonesia dilakukan oleh kedua tokoh penting Indonesia.

Peristiwa tersebut diawali sekitar pukul 22.00 pada tanggal 7 Ramadhan 1364 Hijriyah, ketika para pemuda mendatangi kediaman Soekarno. Kemudian, dini harinya, pada 8 Ramadhan atau bertepatan 16 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta diculik ke Rengasdengklok.

2. Sahur di Kediaman Laksamana Maeda

Setelah penculikan itu, Soekarno dan Hatta pulang ke Jakarta. Mereka pergi ke rumah Laksamana Maeda untuk menyusun teks proklamasi dan berunding dengan para tokoh negara lainnya.

Setelah perundingan yang panjang, Soekarno dan Hatta menyantap sahur di rumah Maeda dengan menu seadanya yang disiapkan oleh asisten rumah tangga Maeda.

Menu yang disantap oleh Soekarno dan Hatta adalah telur, sarden, dan roti, tanpa nasi. Sahur di bulan Ramadhan itu menjadi peristiwa bersejarah karena beberapa jam setelahnya Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 17 Agustus 1945.

Topik Menarik