KPK: Perekaman Sidang Penting untuk Transparansi dan Akuntabilitas Peradilan

KPK: Perekaman Sidang Penting untuk Transparansi dan Akuntabilitas Peradilan

Nasional | okezone | Rabu, 28 Februari 2024 - 21:40
share

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan pentingnya perekaman sidang . Komisi antirasuah menyebutkan, terdapat sekitar 100 kasus korupsi dan lebih dari 1000 persidangan lainnya yang dicatat di bank data KPK Indonesia

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak berharap, peningkatan pemanfaatan dan efektivitas rekam sidang, baik itu untuk sidang korupsi maupun jenis persidangan lainnya, dapat membantu memperbaiki kepercayaan masyarakat pada sistem peradilan di Indonesia.

Meningkat dan efektifnya upaya perekaman sidang, penting untuk menunjukkan transparansi peradilan kita. Juga akuntabilitas di balik setiap keputusan sidang yang dihasilkan," kata Tanak dalam workshop 'Meningkatkan Kemanfaatan serta Efektifitas Rekam Sidang Pidana Korupsi dan Evaluasi Rekam Sidang Tahun 2023 Pimpinan KPK' di Mandalika Room, Pullman Hotel Mandalika Lombok, Rabu (28/02/2024),

Dalam prosesnya, KPK juga bekerjasama dengan akademisi dan mitra. Mahasiswa misalnya, mereka bisa mewakili masyarakat umum untuk melakukan pengawasan, lalu juga mereka mendapatkan pembelajaran dari setiap proses perekaman sidang, tentang dunia hukum kita, sambungnya.

Tanak pun menekankan kembali pentingnya rekam sidang sebagai sarana untuk pengawasan.

KPK selalu berusaha memikirkan perkara-perkara khususnya Tipikor, bisa diawasi bersama, disaksikan langsung masyarakat umum melalui pelibatan akademisi, agar dikritisi. Sebagiannya melalui tersebar luaskannya hasil-hasil rekaman sidang. Sehingga keputusan berkeadilan bisa dicapai, dimana prosesnya sudah boleh diketahui secara terbuka, ujarnya.

Topik Menarik