Mengenal Soemitro, Jenderal TNI yang Kerap Kabur dan Mencuri Makanan di Dapur

Mengenal Soemitro, Jenderal TNI yang Kerap Kabur dan Mencuri Makanan di Dapur

Nasional | okezone | Minggu, 28 April 2024 - 05:30
share

JENDERAL TNI (Purn) Soemitro Sastrodihardjo, seorang tentara yang lahir di Sebaung, Gending, Probolinggo, Jawa Timur pada 13 Januari 1927. Soemitro merupakan salah satu jenderal yang cukup disegani dimasanya.

Dalam dunia militer, Soemitro berawal bergabung menjadi anggota PETA (Pembela Tanah Air) yang dibentuk oleh Jepang. Selama mengikuti pendidikan perwira PETA di Bogor, Soemitro dikenal paling nakal. Ia sering keluar pagar asrama untuk mencari makan, dan mencuri makanan di dapur atau di kamar instruktur.

Hingga suatu malam, Soemitro beserta dua orang rekannya, yaitu Sukaryadi dan Ponidi keluar asrama untuk mencari makan. Namun saat mereka kembali, hanya Soemitro dan Ponidi yang berhasil kembali ke asrama. Sedangkan Sukaryadi tertangkap oleh Yanagawa, seorang komandan pendidikan perwira PETA.

Sebagai hukuman, Sukaryadi harus melakukan saseng (bersila) selama satu minggu, di siang harinya ia harus melakukan bela diri menggunakan pedang kayu (kendo), dan bela diri menggunakan bayonet (juken jutsu). Sukaryadi tetap bungkam ketika ditanya siapa dua orang kawannya yang keluar bersamanya saat itu. Ia selalu mengatakan tidak tahu, bahkan mengatakan mungkin kedua orang tersebut berasal dari kesatuan lain.

Soemitro yang mengetahui hal tersebut pun merasa respek, dan berutang budi kepada kawannya itu. Karena jika saat itu Sukaryadi menyebut nama Soemitro dan Ponidi, tentunya mereka bertiga akan dikeluarkan dan Soemitro pun tidak akan menjadi jenderal.

Saya respek sama dia dan berutang budi. Umpama dia menyebut nama kita berdua (Ponidi dan saya), tentu kita bertiga akan dikeluarkan, dan saya tidak akan jadi jenderal, ucap Soemitro dalam buku Soemitro: dari Pangdam Mulawarman sampai Pangkopkamtib karya Ramadhan K. H, dikutip Minggu(28/4/2024).

Topik Menarik