Fisip UNISRI Gelar Workshop, Gandeng 12 Perguruan Tinggi

Fisip UNISRI Gelar Workshop, Gandeng 12 Perguruan Tinggi

Nasional | badung.inews.id | Rabu, 28 Februari 2024 - 21:53
share

SOLO, iNewsbadung.id - Fisip UNISRI gelar workshop kerjasama pengelolaan jurnal ilmiah, gandeng 12 perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini untuk mengakselerasi agar jurnal yang dikelola UNISRI ataupun perguruan tinggi lain dapat meningkat status akreditasinya.

Di mana dari yang sebelumnya masih kurang tertata pengelolaannya menjadi lebih tertata dan lebih baik.

Dari yang sebelumnya belum terakreditasi, sesudah workshop ditargetkan terakreditasi, maksimal satu tahun ke depan.

"Karena itu Fisip UNISRI menginisiasi workshop kerjadama pengelolaan jurnal ilmiah ini," ujar Dekan Fisip UNISRI, Dr. Suwardi, saat membuka workshop, Rabu (28/2/2024).

Ditambahkan Dr. Suwardi, untuk dapat menaikkan status jurnal maka dibutuhkan kerja keras dalam pengelolaan jurnal.

Karena itu dibutuhkan kerjasama, terutama pertukaran artikel antar perguruan tinggi atau pengelola jurnal, sehingga artikel yang diterbitkan salah satu jurnal dapat diterbitkan di jurnal lain atau jurnal mitra.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pertukaran redaksi, di mana diatur dalam kesepakatan siapa yang dapat menjadi redaksi.

Selain itu juga perlunya melakukan
pertukaran reviewer dan pentingnya
kerjasama sitasi.

Disebutkan Sueardi, apabila kerjasama berlangsung dengan baik, ada komitmen yang sama dari peserta workshop, maka jurnal akan segera mengalami kenaikan akreditasi.

Sementara Dr. Purbayakti Kusuma Wijayanto, Ketua Panitia Workshop kerjasama pengelolaan jurnal ilmiah menyebutkan, kemitraan dan kerjasama pengelolaan jurnal yang melibatkan 12 perguruan tinggi itu menjadi bukti inisiatif aktif Fisip UNISRI.

Menurutnya, inisiatif aktif ini untuk meningkatkan level jurnal ilmiah program studi Administrasi Negara, Komunikasi dan Hubungan Internasional.

"Inisiatif Fisip UNISRI untuk berperan aktif di kancah nasional," terang Purbayakti.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua relawan jurnal Indonesia sebagai nara sumber, yakni, Indrawati, pengelola jurnal di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan Komang Jaka Ferdian, pengelola jurnal, Universitas Bangka Belitung.

Semoga tulisan tentang Fisip UNISRI gelar workshop, gandeng 12 Perguruan Tinggi ini bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik