Kisah Sunan Kalijaga dan Sunan Muria, Wali Songa Paling Sakti

Kisah Sunan Kalijaga dan Sunan Muria, Wali Songa Paling Sakti

Nasional | okezone | Kamis, 28 Maret 2024 - 07:08
share

ADA dua sosok Wali Song dikenal paling sakti. Adalah Sunan Kalijaga atau Raden Said dan anaknya Raden Umar Said atau masyhur dengan nama Sunan Muria.

Sunan Kalijaga

Dalam beberapa catatan diceritakan bahwa Sunan Kalijaga pernah menaklukan penguasa Laut Selatan Jawa, Nyi Roro Kidul berbekal rompi ontokusumo yang terbuat dari kulit kambing.

Pertarungan antara Sunan Kalijaga dan Nyi Roro Kidul dilatarbelakangi sebuah wabah penyakit yang melanda para warga di kawasan Pantai Selatan. Mereka percaya bahwa wabah tersebut datang dari kiriman Roro Kidul.

Untuk melawan wabah tersebut, Sunan Kalijaga harus melawan Nyi Roro Kidul. Namun sebelumnya ia mendapatkan ilham untuk mengkhatamkan Alquran terlebih dahulu.

Sunan Kalijaga dan beberapa wali lain pun mencoba mengkhatamkan Alquran di Masjid Demak. Di sanalah beliau mendapatkan rompi kulit kambing yang konon hanya muat di badannya saja.

Dengan menggunakan rompi tersebut, Sunan Kalijaga pun berhasil menangkis sejumlah serangan yang diberikan oleh Kanjeng Ratu Kidul hingga ia menang dari pertarungan.

Topik Menarik