Usai Pemilu 2024, Menko Polhukam Ajak Semua Pihak Jaga Situasi Tetap Kondusif

Usai Pemilu 2024, Menko Polhukam Ajak Semua Pihak Jaga Situasi Tetap Kondusif

Nasional | sindonews | Rabu, 28 Februari 2024 - 17:04
share

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto menyebutkan, situasi kondusif setelah pelaksanaan Pemilu 2024. Hal ini kata Menko Polhukam, terjaganya situasi ini demi menjadi harga diri bangsa.

Pandangan tersebut disampaikan Hadi usai menyambangi Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Jalan Cut Mutia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

"Saya sudah melaksanakan kunjungan ke PBNU. Kemudian tadi siang kita ke PGI, dan sekarang ke KWI. Serta nanti malam ke PP Muhammadiyah. Semuanya tujuannya adalah mengajak seluruh tokoh agama agar tetap menjaga situasi kondusif ini pasca-Pileg dan Pilpres dengan baik," ujar Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Diminta Serius Tangani Kasus BLBI

Ia menegaskan, situasi di Indonesia saat ini masih baik dan semua tetap menjaga suasana kondusif. "Karena situasinya juga masih baik, dan kita harapkan, kita tetap mempererat persatuan dan kesatuan bangsa ini. Dengan cara menjaga semua masing-masing. Agar masyarakat merasakan pembangunan yang sedang dijalankan," kata dia.

Hadi menyebutkan, setelah mengobrol dengan para perwakilan dari KWI terdapat kesepemahaman akan pentingnya suasana kondusif pasca-Pemilu 2024.

"Tadi bertemu dengan Ketua KWI Mosenyur Anton dan seluruh Romo yang ada di sini, termasuk suster. Memiliki pemikiran dan komitmen yang sama tetap menjaga situasi yang terus kondusif sekarang," jelas Hadi Tjahjanto.

Mantan Panglima TNI dari matra Angkatan Udara tersebut mengingatkan kepada seluruh elemen bangsa, keamanan pasca-Pemilu menjadi harga diri sebuah bangsa.

"Pascapengumuman, kemudian pasca-MK apabila ada permasalahan, kemudian selesai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, dan setelah itu semuanya terus aman tanpa ada gangguan. Karena ini adalah sekali lagi harga diri bangsa harus kita jaga," tutup Hadi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Hadi diagendakan silaturahmi ke tiga lokasi berbeda pada Rabu (28/2/2024) yakni di PGI, KWI, dan PP Muhammadiyah.

Hadi menggantikan Plt Menko Polhukam Tito Karnavian dan Menko Polhukam sebelumnya yang mengundurkan diri yakni Mahfud MD.

Posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) yang sebelumnya dijabat Hadi Tjahjanto diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Topik Menarik