Seleksi CASN dan PPPK Segera Dibuka, Ini Formasinya

Seleksi CASN dan PPPK Segera Dibuka, Ini Formasinya

Nasional | BuddyKu | Selasa, 31 Januari 2023 - 12:22
share

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Pemerintah segera membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023. Dalam seleksi kali ini akan melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, fokus formasi CASN dan PPPK kali ini akan difokuskan untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.

Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan, ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangannya, Senin (30/1/2023).

Pemerintah juga akan memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Formasi lain selain tenaga kesehatan dan pendidikan juga masih akan dibuka di tahun ini.

Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya, ujarnya.

Rekrutmen CASN 2023 juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran. Untuk itu, Azwar Anas meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

Topik Menarik