Basarnas Cari Kapal Kargo Malaysia yang Hilang, Ada 3 Kru WNI

Basarnas Cari Kapal Kargo Malaysia yang Hilang, Ada 3 Kru WNI

Nasional | BuddyKu | Rabu, 11 Januari 2023 - 14:25
share

JOHOR BARU, iNews.id - Kapal kargo berbendera Malaysia hilang sejak sepekan lebih. Posisi terakhir kapal dengan lima kru itu diketahui di perairan Indonesia.

Direktur Badan Pelaksana Maritim Malaysia (MMEA) Johor Nurul Hizam Zakaria mengatakan, pihaknya mendapat kabar pada Selasa (10/1/2023) malam bahwa Badan SAR Nasional (Basarnas) dari Indonesia akan memimpin pencarian.

Sub Center Penyelamatan Maritim Johor Baru (MRSC) mendapat informasi dari Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim Putrajaya bahwa Basarnas akan mengoordinasikan pencarian, kata Nurul Hizam, dikutip dari The Star, Rabu (11/1/2023).

Sampai saat ini belum ada informasi menganai nasib kapal tersebut. Lima kru di dalamnya diketahui sebagai tiga warga negara Indonesia (WNI) dan dua Malaysia, berusia antara 20 dan 57 tahun.

MMEA baru mendapat kabar pada Senin (9/1/2023) bahwa kapal kargo tersebut hilang selama lebih dari sepekan. Penyebabnya agen kapal baru membuat laporan ke polisi meski sudah lama hilang kontak.

Kapal yang membawa pipa logam senilai 726.000 ringgit atau sekitar Rp2,5 miliar itu berangkat dari Kampung Acheh, Perak, pada 23 Desember dan seharusnya sudah tiba ke tujuan di Kuching, Sarawak, pada 31 Desember 2022.

Lokasi terakhir kapal terdeteksi pada 1 Januari di perairan Indonesia atau sekitar 0,2 mil laut dari perairan Johor. Namun pada Senin lalu yani pukul 22.42 waktu setempat, Pusat Kendali Misi Malaysia dan Pusat Komando Operasi Kepolisian Singapura mendeteksi sinyal darurat dari kapal. Sinyal SOS itu berada di sekitar 30 mil arah barat laut Pemangkat. MMEA telah menghubungi otoritas Indonesia dan Singapura untuk membantu pencarian.

Topik Menarik