Peralatan Uji Kir Milik Dishub Tanah Laut Disambar Petir, Layanan Dialihkan

Peralatan Uji Kir Milik Dishub Tanah Laut Disambar Petir, Layanan Dialihkan

Nasional | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 12:04
share

TALA, iNews.id - Peralatan elektronik uji kir milik Dinas Perhubungan (dishub), Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) rusak disambar petir. Akibatnya Dishub Tala tidak dapat melayani uji fisik kendaraan bermotor.

Dishub Tala kini hanya dapat memberikan rekomendasi kepada pemilik kendaraan untuk uji fisik di kabupaten atau kota lain.

Dari informasi yang diterima iNews, Dishub Tala sudah dua pekan terakhir tidak dapat melayani uji fisik. Alat elektronik itu dilaporkan tersambar petir pada 13 Desember 2022 lalu.

Peralatan tersebut kini tidak berfungsi. Sebelumnya, Dishub Tala setiap harinya ada sekitar 20 sampai 25 ranmor yang uji kir bahkan pada saat-saat tertentu tembus 40 unit ranmor.

Kepala Dishub Tala Gentry Yuliantono mengatakan akibat kerusakan ini, pemasukan dari sektor uji kir pun berkurang.

Kita hanya memberikan rekomendasi pengujian keluar ke kabuapaten/kota di luar Tala. Jadi retribusi hanya dikenakan untuk administrasi saja, ucap Gentry, Rabu (4/1/2023.

Dia berharap pihak pemegang merek peralatan elektronik uji kir ini dapat segera melakukan perbaikan. Pihaknya tidak berani mengutak-atik peralatan tersebut takut membuat kerusakannya lebih parah.

Topik Menarik