Jokowi Terbitkan Keppres Naturalisasi Shayne Pattynama

Jokowi Terbitkan Keppres Naturalisasi Shayne Pattynama

Nasional | beritabaru.co | Rabu, 4 Januari 2023 - 04:28
share

Berita Baru, Sepakbola Presiden Joko Widodo resmi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengesahkan naturalisasi Shayne Pattynama. Pemain asal Belanda itu kini hanya tinggal mengambil sumpah saja.

Diketahui, Shayne Pattynama adalah salah satu pemain keturunan yang menjadi incaran Shin Tae-yong.

Sebelumnya sudah ada Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sudah lebih dulu menjadi WNI. Jordi Amat bahkan sudah memperkuat Garuda di Piala AFF 2022.

Sebelum disahkan Jokowi, Shayne sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari DPR yakni Komisi III yang membidangi hukum dan Komisi X yang membidangi olahraga. Pria yang berusia 23 tahun ini memiliki darah Indonesia dari ayah kandungnya yang dikatakan berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Soal karier, Shayne Pattynama memulai kiprahnya di tim Jong FC Utrecht pada 2017. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai bek kiri main di klub divisi utama Liga Norwegia, Viking.

Menpora Zainudin Amali yang menyebut bahwa naturalisasi Shayne Pattynama sudah direstui Jokowi.

Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk Shayne Elian Jay Pattynama sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden Joko Widodo, kata Amali dalam keterangannya, Selasa (3/1/2023).

Menurut Amali, untuk proses selanjutnya, pria kelahiran Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998 akan dilakukan pengambilan sumpah di kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta. Belum diungkapkan kapan prosesi pengambilan sumpah akan dilakukan.

Kehadiran Shayne Pattynama menambah kekuatan tim nasional Indonesia dalam berbagai pertandingan ke depannya. Apalagi sang pemain merupakan permintaan langsung dari Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia.

Kami berharap proses ini bisa segera, termasuk perpindahan dari Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA) ke Asosiasi Sepakbola Asia (AFC), ujar Amali.

Dengan kehadiran Shayne Pattynama ini diharapkan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia pada pertandingan-pertandingan yang akan dihadapi oleh Timnas ke depannya, ucapnya.

Topik Menarik