Banjir Masih Hantui Dayeuhkolot Bandung, Warga Minta Pemerintah Segera Turun Tangan

Banjir Masih Hantui Dayeuhkolot Bandung, Warga Minta Pemerintah Segera Turun Tangan

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 11:34
share

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Bencana banjir masih menghantui wilayah Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung pada Minggu (4/12/2022).

Padahal, banjir tersebut sebelumnya sudah mulai berangsur surut pada Sabtu (3/12/2022) sore. Namun, hujan deras kembali mengguyur wilayah Bandung Raya sehingga membuat air kembali meninggi.

Saat ini, banjir setinggi 1 meter merendam permukiman warga di Kampung Bojong Asih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Sebagian warga terpaksa mengungsi ke sanak saudara lantaran rumah tak bisa ditinggali lagi.

Sedikitnya, ada sebanyak 1.200 rumah di wilayah tersebut terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum.

Bukan hanya di Dayeuhkolot, banjir juga merendam beberapa kecamatan seperti Majalaya, Baleendah, Bojongsoang dan Ciparay.

Sempat surut tapi hanya sedikit. Kalau dibilang bosen ya bosen banjir terus. Pinginnya rumah-rumah di sini dibebaskan saja oleh pemerintah. Biar kami bisa pindah ke tempat lain, kata Iwan, warga terdampak banjir.

Beberapa warga terpaksa harus mengungsi ke sanak saudaranya di kecamatan tetangga lantaran rumah sudah tidak bisa di tinggali lagi.

Saya mau ngungsi ke Banjaran. Ya gimana kalau tetap tinggal di rumah jika airnya masih tinggi. Pemerintah segeralah menangani masalah banjir ini biar tidak terus-menerus, ujar Omasih.

Sementara itu, jalur utama penghubung Kabupaten dan Kota Bandung yang sebelumnya terendam banjir, kini sudah bisa dilalui meskipun masih terdapat genangan. Polisi pun turun tangan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur itu.

Topik Menarik