Tasikmalaya Diguncang 3 Kali Gempa Bumi Sejak Minggu Dini Hari

Tasikmalaya Diguncang 3 Kali Gempa Bumi Sejak Minggu Dini Hari

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 10:39
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Gempa bumi mengguncang Kota Tasikmalaya, Minggu (4/12/2022). Sejak Minggu dini hari, tercatat sudah 3 kali gempa bumi mengguncang Kota Tasikmalaya.

Pertama gempa terjadi pukul 04.34 WIB berkekuatan 2,9 magnitudo. kemudian gempa kedua terjadi selang 5 menit yakni pukul 04.39 WIB dengan kekuatan 2,8 magnitudo dan ketiga gempa bumi terjadi pada pukul 09.59 WIB dengan kekuatan 3,1 magnitudo.

Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa berada di darat tepatnya pada 7,35 LS - 108.25 BT (7 km Tenggara Kota Tasikmalaya, Jawa Barat) dengan kedalaman 10 km.

Gempa bumi yang mengguncang Tasikmalaya ini membuat kaget warga Kota Tasikmalaya. Pada gempa pertama yang terjadi pada waktu dini hari membuat warga panik dan keluar dari rumah.

Ade (47) mengatakan, dirinya langsung terbangun dari tidur dan keluar rumah karena getaran gempa dirasakan cukup besar.

Kaget duh, lagi tidur langsung terbangun dan keluar bersama anak dan istri, ujar Ade.

Panik warga belum reda, getaran gempa kembali terjadi selang 5 menit dari gempa pertama. Warga pun belum mau kembali ke dalam rumah lantaran takut gempa susulan.

Saya masih di luar bersama keluarga dan terjadi gempa lagi. Masih belum berani masuk ke rumah takut ada gempa susulan, ucapnya.

BMKG meminta warga tetap waspada terhadap terjadinya gempa susulan yang mungkin terjadi.

Topik Menarik