History Cup sebagai Ajang Kompetisi dan Solidaritas Mahasiswa Departemen Sejarah Universitas Negeri Malang

History Cup sebagai Ajang Kompetisi dan Solidaritas Mahasiswa Departemen Sejarah Universitas Negeri Malang

Nasional | BuddyKu | Senin, 21 November 2022 - 10:56
share

KOTA MALANG, NETRALNEWS.COM - Suhu dingin yang mencekam selalu menyelimuti Kota Malang yang hampir setiap hari turun hujan. Suhu yang setiap hari dirasakan oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh Ujian Tengah Semester. Tidak terkecuali mahasiswa dari Departemen Sejarah.

Mahasiswa Departemen Sejarah yang selama ini terkenal sebagai mahasiswa yang selalu sibuk dengan arsip dan prasasti itu, mereka pun melaksanakan UTS yang sangat rumit. Begitu pula hal yang saya rasakan sebagai mahasiswa Ilmu Sejarah.

Namun, bersyukur sekali Ujian Tengah Semester yang cukup rumit ini telah usai dan membuat saya sangat tenang. Walaupun ada sedikit rasa tidak tenang karena sepanjang UTS kemaren, saya agak tidak yakin dengan jawaban saya. Tapi, sudahlah yang sudah berlalu, biarlah berlalu.

Setelah UTS ini, kami para mahasiswa dari Departemen Sejarah sangat terhibur dengan adanya kegiatan History Cup yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Sejarah atau biasa dikenal dengan HMD Sejarah dan kebetulan saya sendiri merupakan panitia dalam acara tersebut.

History Cup sendiri merupakan agenda tahunan dari HMD Sejarah yang berupa kegiatan lomba Futsal dan Mobile Legend. Kegiatan ini sendiri dapat diikuti oleh setiap mahasiswa Departemen Sejarah dari Angkatan 2019 hingga mahasiswa baru Angkatan 2022.

Kegiatan ini pun sangat diminati oleh seluruh mahasiswa terlihat dari antusiame yang tinggi untuk mendaftar lomba. Namun, tetap ada dari mahasiswa yang kurang berantusias karena kendala tidak ada pemain, tidak ada skill, dan sebagainya. Tetapi di balik itu, mahasiswa baru atau maba tetap semangat untuk mendaftar.

Acara dimulai pukul 16.30 pada 28 Oktober 2022 silam. Acara dilakukan secara daring di rumah masing-masing karena lomba Mobile Legend memang dapat dilakukan secara daring. Pertandingan berlangsung sangat apik dan menegangkan. Setiap tim melakukan permainan terbaiknya.

Pertandingan berlangsung sangat ramai dengan para pemain dari setiap angkatan yang tidak ingin kalah satu sama lain. Tak terasa pertandingan tersebut belum usai hingga akhirnya pukul 23.46 pada hari dan tanggal yang sama.

Dari hasil lomba dan keputusan wasit disepakati bahwa tim dari Pendidikan Sejarah offering C 2019, offering B 2019, offering B 2022 serta tim Ilmu sejarah offering G 2021 masuk ke babak semifinal yang akan diadakan pada 30 oktober 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan futsal esok harinya pada pukul 13.00 pada 29 Oktober 2022, yang dilakukan di Olimpico Futsal.

Pertandingan ini berlangsung sangat panas walaupun memang ada satu tim yang tidak hadir entah karena tidak ada pemain atau bagaimana. Namun, karena mereka tidak datang maka offering saya menjadi menang tanpa bermain yaitu offering G Ilmu Sejarah 2021.

Saya yang bertugas sebagai panitia penanggung jawab skor dari para pemain tentunya sangat fokus mengawasi setiap permainan dari pemain. Saya pun dapat menyaksikan bagaimana apiknya permainan dari para pemain ada yang permainannya sangat bagus dan ada pula yang permainannya asal-asalan.

Karena pertandingan ini sangat panas sehingga baru selesai pada sore hari menjelang maghrib yaitu pukul 16.45 pada hari yang sama. Sehingga dipilih 4 tim yang akan melajutkan ke babak semifinal, mereka adalah Pendidikan sejarah offering A 2020 dan offering B 2022, Ilmu Sejarah offering G 2020, dan offering G 2021.

Mereka pun berlaga pada 08.00 (30/10/2022), yang pada akhirnya menghasilkan para juara. Juara 1 dari offering B 2022, juara 2 dari offering G 2021 yang merupakan kelas saya serta offering A 2020.

Pada sore harinya diadakan final pertandingan Mobile Legend yang lagi-lagi dimenangkan oleh kelas saya Ilmu Sejarah offering G 2021 menjadi juara 1, sebagai teman saya pun ikut bangga akan prestasi teman-teman saya walau sebelumnya mereka sempat di bantai oleh tim lawan.

Dengan diputuskannya para pemenang ini, berakhirlah acara History Cup.

Sesuai dengan rencana kegiatan tersebut sudah dapat menumbuhkan solidaritas dan toleransi antar teman. Serta, dengan acara ini setiap mahasiswa dapat mengerti bagaimana menyelesaikan masalah dengan tim yang sudah mereka tentukan.

Penulis: Afina Dereya
Topik Menarik