Asyik. Surabaya Night Zoo Bakal Segera Dibuka

Asyik. Surabaya Night Zoo Bakal Segera Dibuka

Nasional | jawapos | Selasa, 1 November 2022 - 12:05
share

JawaPos.com- Persiapan dilakukan untuk realisasi program Surabaya Night Zoo (SNZ). Salah satunya, identifikasi satwa yang akan ditampilkan. Jika tidak ada kendala, launching SNZ tersebut direncanakan awal tahun nanti

Identifikasi satwa dilakukan dengan menggandeng beberapa pihak. Mulai Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim hingga komunitas satwa malam. Kajian itu bertujuan menentukan jenis satwa apa saja yang ditampilkan.

Tidak sembarangan, jadi nanti digolongkan yang khusus satwa malam, kata Direktur Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Khoirul Anwar kemarin (31/10).

Ada rangkaian tahapan yang harus dilakukan. Mulai membuat feasibility study, mengidentifikasi satwa, membangun infrastruktur, hingga mengkaji adaptasi satwa. Identifikasi area sudah dilakukan, terangnya

Sementara itu, pengerjaan infrastruktur saat ini sudah berjalan. Salah satunya, merevitalisasi bangunan dan membuat kandang baru. Kandang tersebut dibuat untuk satwa malam. Kawasan memang dibuat terbatas. Jika tidak, biaya operasionalnya cukup besar, kata Khoirul.

Meski begitu, satwa yang ditampilkan nanti lumayan banyak. Sterilisasi kandang juga dilakukan. Termasuk melihat adaptasi satwa tersebut. Kalau semuanya beres, baru kita trial, terangnya.

Hanya, kata Khoirul, penataan cahaya nanti membutuhkan waktu cukup lama. Sebab, ada kajiannya dan tidak sembarangan. Jika SNZ sudah di-launching, pengunjung KBS tidak hanya bisa menikmati beragam koleksi satwa saat siang, melainkan juga malam hari.

Topik Menarik