Xi Jinping Pernah Minta Joe Biden untuk Cegah Nancy Pelosi ke Taiwan

Xi Jinping Pernah Minta Joe Biden untuk Cegah Nancy Pelosi ke Taiwan

Nasional | jawapos | Senin, 22 Agustus 2022 - 22:02
share

JawaPos.com Presiden Tiongkok Xi Jinping ternyata pernah meminta Presiden AS Joe Biden agar mencegah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. Permintaan itu sempat diajukan Xi kepada Bixen selama percakapan telepon bulan lalu. The Washington Post melaporkan hal itu mengutip ucapan pejabat Gedung Putih.

Akan tetapi, kekhawatiran Xi saat itu ditolak. Xi sudah diperingatkan terhadap tindakan provokatif Tiongkok jika kunjungan itu dilakukan.

Biden mengatakan bahwa dirinya tak dapat memenuhi permintaan Xi karena Kongres AS adalah cabang pemerintah yang independen. Biden menegaskan Pelosi akan membuat keputusannya sendiri tentang perjalanan ke luar negeri.

Biden juga memperingatkan Xi agar tidak mengambil tindakan provokatif dan koersif jika kunjungan Pelosi dilakukan. Dan, apapun keinginan Pelosi merupakan hak dirinya pribadi.

Anggota Kongres telah pergi ke Taiwan selama beberapa dekade dan akan terus melakukannya. Pelosi memiliki hak untuk pergi dan kunjungannya konsisten dengan kebijakan lama satu Tiongkok, kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Adrienne Watson.

Pelosi melakukan perjalanan ke Taiwan pada awal Agustus lalu. Itu adalah kunjungan pertama Ketua DPR AS ke Taiwan sejak 1997.

Topik Menarik