Loading...
Loading…
5 Jenis Pekerjaan Berkaitan Sumber Daya Laut, Apa Saja?

5 Jenis Pekerjaan Berkaitan Sumber Daya Laut, Apa Saja?

Nasional | telisik.id | Rabu, 03 Agustus 2022 - 11:52

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia dikelilingi oleh lautan. Maka wajar, sumber daya laut di negeri ini bisa dikategorikan melimpah dan bisa menjadi potensi ekonomi yang tinggi bagi rakyat.

Dikutip dari Detik.com, laut sebagai aset nasional, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti sebagai jalur transportasi, sumber bahan makanan, sumber energi dan pertambangan, kawasan perdagangan, hingga wilayah pertahanan keamanan.

Sumber daya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, tetapi juga bahan tambang dan lain-lain. Namun apa saja jenis pekerjaan yang berkaitan dengan sumber daya laut ini?

Melansir Vocasia.id, berikut beberapa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan sumber daya laut:

1. Nelayan

Pekerjaan yang berkaitan dengan sumber daya laut pertama yaitu adalah profesi nelayan. Nelayan merupakan sebutan bagi orang yang mencari sumber penghasilan dengan menangkap ikan di lautan.

Profesi ini menggunakan kapal kecil hingga berskala besar dalam melaut untuk menangkap banyak ikan.

2. Pertambangan Minyak

Pekerjaan yang kedua yaitu bekerja di perusahaan pertambangan. Tak jarang di pantai Indoensia terdapat perusahaan pertambangan minyak lepas pantai yang beroperasi.

Pada dasarnya pekerjaan ini dilakukan oleh perusahaan besar yang bergerak di bidang sumber daya alam laut khususnya minyak dan gas bumi.

3. Pelayaran

Di laut juga terdapat suatu sistem transportasi atau biasa disebut pelayaran. Dengan wilayah perairan yang luas dan banyaknya pulau, industri pelayaran sangat berkembang di Indonesia.

Pelayaran merupakan suatu kesatuan dari beberapa angkutan laut, pelabuhan, keselamatan dan keamanan lingkungan laut. Hirur pikuknya kelautan di Indonesia membuat banyak posisi pekerjaan yang tersedia di industri pelayaran.

4. Pelabuhan

Perkembangan pelabuhan di Indonesia tidak bisa lepas dari reformasi maritim Indonesia termasuk aspek pelayaran pelabuhan, logistik, pendidikan maritim dan aspek hukum.

Pelabuhan juga sering disebut sebagai urat nadi untuk ribuan perusahaan penyedia jasa usaha kepelabuhanan.

5. Pariwisata

Sektor pariwisata laut merupakan salah satu industri yang ikut berkembang dengan banyaknya wilayah perairan di Indonesia.

Banyak peluang usaha yang terbuka. Selain usaha wisata alam, juga terdapat peluang bisnis perdagangan cendera mata, sewa perahu, tour guide, rumah makan seafood dan masih banyak lagi.

Peluang pariwisata laut sangatlah besar mengingat wisatawan manca negara sangat mencintai wisata pantai. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Original Source

Topik Menarik