Loading...
Loading…
Jembatan Peninggalan Romawi Kuno Muncul Lagi Gara-Gara Kekeringan Parah di Italia

Jembatan Peninggalan Romawi Kuno Muncul Lagi Gara-Gara Kekeringan Parah di Italia

Nasional | republika | Rabu, 20 Juli 2022 - 11:00

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kekeringan panjang memunculkan kembali jembatan kuno di kota Roma, Italia.Sebuah jembatan di Roma telah ditemukan berkat kekeringan berkepanjangan di Italia.

Jembatan yang biasanya tersembunyi di bawah perairan Sungai Tiber ini diduga dibangun oleh Kaisar Romawi Nero. Reruntuhan batu Pons Neronianus, juga dikenal sebagai Jembatan Nero, telah terlihat oleh penurunan permukaan air Sungai Tiber. Menurut Reuters , munculnya jembatan ini karena kekeringan ini berada pada titik terendah selama beberapa tahun.

Siapa kaisar Nero?

Kaisar Nero, yang memerintah sebagai kaisar kelima Kekaisaran Romawi dari tahun 54 hingga 68 M, adalah seorang pemimpin kontroversial yang mendirikan fasilitas publik dan memiliki kemenangan militer di luar negeri. Dia menghindari politik dan malah mencurahkan sebagian besar energinya untuk seni, musik, dan balapan kereta.

Domus Aurea (Istana Emas), yang dibangun Nero di jantung kota Roma setelah kebakaran hebat, berkontribusi pada menguras pundi-pundi Roma selama pemerintahannya.

Dia mencoba membangun kembali Roma setelah kebakaran hebat menghancurkan kota pada tahun 64 M, dan melakukan pembunuhan terhadap ibunya dan setidaknya salah satu istrinya selama masa pemerintahannya.Nero bunuh diri pada tahun 68 M pada usia 30 tahun, karena dicap sebagai musuh bersama oleh senat Romawi.

Beberapa ahli menyatakan bahwa ketinggian air sebelumnya yang rendah menyebabkan sisa-sisa jembatan menjadi jelas. Mereka juga menyebutkan bahwa, terlepas dari namanya, tidak pasti apakah Nero benar-benar membangun jembatan ini.

"Sisa-sisa jembatan Romawi ini terlihat setiap kali permukaan air Sungai Tiber turun, oleh karena itu setiap kali ada periode panjang seperti sekarang, curah hujan sangat rendah," kata Robert Coates-Stephens, seorang arkeolog di British School di Roma.

Dilansir dari Live Science , jembatan itu mungkin telah dibangun sebelum pemerintahan Nero.Menurut Nicholas Temple, seorang profesor sejarah arsitektur di London Metropolitan University, asal-usul jembatan itu tidak jelas, mengingat tampaknya jembatan itu ada di sini sebelum pemerintahan Nero dan bahwa Pons Neronianus mungkin merupakan pembangunan kembali dari penyeberangan sebelumnya.

Menurut Coates-Stephens, nama Pons Neronianus muncul untuk pertama kalinya hanya dalam katalog monumen Roma abad ke-12. Jembatan di sini akan memudahkan untuk mengakses taman dan lahan milik Nero yang luas, yang terletak di dekat Vatikan.

Lokasi yang buruk untuk dibangun?

Banyak akademisi mengatakan bahwa jembatan itu dibangun di lokasi yang buruk. Menurut profesor klasik Universitas Texas di Austin Rabun Taylor, jembatan itu "dibangun pada kurva yang sempit di dataran banjir," yang merupakan "ide yang mengerikan."

Menurut Taylor, "belokan sungai yang memotong sedimen murni cenderung mengembara dan berubah bentuk, sehingga tepiannya cenderung kehilangan kontak dengan penyangga jembatan."

Mungkin itulah yang terjadi pada jembatan Nero, dan itu mungkin terjadi sekitar pertengahan abad kedua Masehi, kurang dari dua abad setelah kematian Nero.

Menurut studi sejarah Taylor, jembatan itu mungkin telah dihancurkan sekitar waktu itu. Pilar batunya direkonstruksi untuk membentuk jembatan baru di lokasi hilir yang lebih aman. Pons Neronianus menyediakan hubungan antara Roma dan wilayah yang sebagian besar masih belum berkembang pada saat itu.

Jumlah waktu sisa-sisa jembatan terlihat mungkin tergantung pada bagaimana perubahan iklim mengubah ketinggian air Tiber.

Original Source

Topik Menarik