Pelantikan Bupati Bintan Definitif, Pemprov Kepri Masih Nunggu SK Mendagri

Pelantikan Bupati Bintan Definitif, Pemprov Kepri Masih Nunggu SK Mendagri

Nasional | rm.id | Kamis, 30 Juni 2022 - 22:25
share

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menegaskan telah mengusulkan penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan menjadi bupati definitif ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tapi, hingga saat ini, Surat Keputusan (SK) terkait penetapan Bupati Bintan definitif itu urung terbit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Kepri Adi Prihantara menyampaikan, usulan penetapan Roby Kurniawan menjadi Bupati Bintan definitif sudah dilakukan pihaknya sejak awal Juni ini. Usulan tersebut dilakukan secara daring atau online.

Adi mengutarakan, usulan penetapan Bupati Bintan definitif itu disampaikan pihaknya menyusul Bupati Bintan nonaktif, Apri Sujadi, sudah divonis penjara selama 5 tahun oleh Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Kamis 21 April 2022.

Menurutnya, berdasarkan mekanismenya, maka saat ini Pemprov Kepri hanya bisa menunggu sampai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, mengirimkan SK terkait penetapan Bupati Bintan definitif. Bila SK sudah terbit, maka proses pelantikan baru bisadilakukan.

"Jadi posisinya itu kita masih menunggu SK Mendagri Tito Karnavian, setelah itu baru bisa dilantik," ucapnya, di Tanjungpinang, Kamis (30/6).

Adi melanjutkan, bila Bupati Bintan definitif telah resmi dilantik, maka proses selanjutnya adalahpengisian jabatan Wakil Bupati Bintan. Dalam pengisian jabatan Wabup Bintan, sebut Adi, nantinya, para partai pengusung pasangan Apri Sujadi-Roby Kurniawan di Pilkada 2020 akan mengusulkan nama yang selanjutkan akan dipilih oleh DPRD.

"Kalau wakil bupati, diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik pengusung di Pilbup Bintan 2020," sebutnya.

Diketahui, Apri Sujadi resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat terjerat kasus korupsi izin pengaturan kuota minuman beralkohol dan rokok pada 12 Agustus 2021.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bintan saat itu Roby Kurniawan dilantik menjadi Plt Bupati Bintan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad pada 24 Agustus 2021. Apri Sujadi dan Roby Kurniawan terpilih menjabat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bintan periode 2021-2024 pada Pilkada 2020.

Topik Menarik