Loading...
Loading…
Terobosan Anies Baswedan Top, Peneliti Langsung Setuju!

Terobosan Anies Baswedan Top, Peneliti Langsung Setuju!

Nasional | genpi.co | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:36

GenPI.co - Peneliti sekaligus Direktur Eksekutif Lembaga Survei Kedai Kopi Kunto Adi Wibowo setuju dengan terobosan Anies Baswedan.

Pasalnya, gubernur DKI Jakarta itu membangun Kampung Susun Bayam untuk warga yang tergusur pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Salah satu tujuan Anies membangun hunian tersebut, yakni agar para warga yang sebelumnya berprofesi sebagai petani di perkotaan bisa tetap melanjutkan profesinya.

Saya setuju jika mereka meneruskan pekerjaan sebagai petani perkotaan. Sebab, itu adalah identitas mereka, ujar Kunto kepada GenPI.co, Kamis (12/5).

Selain itu, menurut Kunto, menjadi petani di perkotaan lebih baik dari pada mempekerjakan warga sebagai pegawai atau staf di JIS.

Mereka sudah ada identitas, komunitas, dan rajutan benang sosial yang akan tercabut jika tiba-tiba pekerjaannya itu diganti menjadi pegawai di JIS, tuturnya.

Kunto juga menilai langkah Anies seharusnya memaksimalkan potensi warga DKI Jakarta yang selama ini sudah bertani.

Sayang banget kalau (warga, red) jadi pegawai. Mereka tidak akan maksimal mengeluarkan potensi dirinya karena sudah bertani sejak lama, tuturnya.

Baca Juga :
Potensi Besar Anies Baswedan Maju Pilpres 2024, Peluangnya Top

Seperti diketahui, sebelumnya Anies Baswedan menegaskan pembangunan Kampung Susun Bayam tidak akan menghilangkan mata pencaharian warga.

Yang berprofesi sebagai petani dapat meneruskan profesinya. Sehingga, kehidupan berdampingan masyarakat dengan stadion bertaraf internasional bisa jadi contoh, kata Anies.

Selain membuat hunian bagi warga yang sebelumnya tergusur, Anies juga berharap para petani perkotaan meneruskan profesinya.

"Bukan hanya hunian, tetapi penghidupannya direncanakan dengan melibatkan semua, ujar Anies Baswedan.(*)

Simak video berikut ini:

Original Source

Topik Menarik