Senin Aktivitas Normal, Puncak Arus Balik di Surabaya sampai Besok

Senin Aktivitas Normal, Puncak Arus Balik di Surabaya sampai Besok

Nasional | jawapos | Sabtu, 7 Mei 2022 - 21:27
share

JawaPos.com Pergerakan arus balik di Surabaya terlihat mulai H+4 Lebaran Jumat (6/5). Kepadatan penumpang terpantau di berbagai tempat. Di antaranya, bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan.

Terminal Purabaya, misalnya. Arus balik ditandai dengan jumlah kedatangan penumpang lebih banyak daripada keberangkatan. Penumpang yang tiba di terminal tercatat mencapai 18.638 orang. Paling dominan menggunakan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 14.839 orang dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) 3.799 orang.

Sementara itu, keberangkatan mencapai 16.500 orang dengan bus AKDP dan AKAP. Hari ini (kemarin, Red) arus balik sudah meningkat, kata Staf Administrasi Terminal Tipe A Purabaya Cipto Widyanto kemarin.

Puncak arus balik, jelas dia, diprediksi terjadi selama tiga hari. Yaitu, Jumat kemarin, Sabtu hari ini, sampai memasuki puncak Minggu besok (68/5). Sebab, para pekerja rata-rata kembali beraktivitas mulai Senin (9/5). Baik di perkantoran pemerintah maupun swasta.

Sebetulnya setelah hari H Lebaran, sudah bisa diasumsikan terjadi arus balik. Tapi, puncaknya mulai Jumat sampai Minggu, kata Cipto.

Pihaknya sudah memprediksi kepadatan tersebut dengan mengerahkan bus cadangan. Sampai sekarang sudah 11 unit armada tambahan yang dioperasikan di Terminal Purabaya. Armada cadangan dipakai untuk menambahkan kekurangan bus reguler yang terdiri atas 1.000 bus AKDP dan 400 bus AKAP.

Meski tidak sepadat Terminal Purabaya, di Terminal Tambak Osowilangun (TOW) juga mulai terjadi tambahan penumpang. Baik yang tiba maupun yang berangkat. Tapi, hingga kemarin jumlah penumpang yang berangkat masih lebih banyak daripada penumpang yang datang.

Persisnya, 1.459 orang yang berangkat dan 819 orang yang tiba di TOW. Hari ini (kemarin, Red) sudah mulai (arus balik, Red). Tapi, kemungkinan besok (hari ini, Red) ada kenaikan, papar Kepala Unit Terminal TOW Imam Hidayat.

Di Bandara Internasional Juanda, puncak arus balik diperkirakan terjadi hari ini sampai besok. Jumlah penumpang harian diprediksi mencapai 39 ribu orang. Migrasi penumpang akan mendominasi beberapa rute. Salah satu yang terpadat adalah Jakarta.

Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda Yuristo Ardhi H. menuturkan, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu (7/5). Kalau arus balik, penumpang didominasi pada keberangkatan, terangnya.

Yuristo menyampaikan, selama periode mudik ini beberapa antisipasi dilakukan di Bandara Juanda. Alur skrining checkpoint hanya diberlakukan sekali. Yakni, menerapkan centralized security checkpoint. Selain itu, personel pengamanan dari TNI-AL ditambah.

Akses menuju checkpoint juga ditambah. Ada dua pintu yang kini disediakan ke area check-in maskapai. Dengan begitu, penumpang tidak perlu berjalan jauh. Yuristo menambahkan, calon penumpang mempersiapkan persyaratan terbang seusai aturan yang berlaku. Termasuk tetap menjaga prokes.

Sementara itu, jumlah penumpang pada masa arus balik di Pelabuhan Tanjung Perak memang masih landai. Tapi, antisipasi terkait lonjakan sudah dilakukan seluruh instansi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak menyiapkan dua armada untuk mengangkut kendaraan.

Berdasar data posko terpadu di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN), selama arus balik pada H+1 hingga H+2 ada 2.291 penumpang yang singgah di Pelabuhan Tanjung Perak. Jumlahnya diprediksi terus bertambah. Puncak arus balik diperkirakan terjadi hari ini (7/5) atau besok (8/5).

Kabid Lalu Lintas Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Nanang Efendi mengatakan bahwa kenaikan penumpang sudah diantisipasi. Ada angkutan khusus yang disiapkan untuk mendukung arus balik.

PUNCAK ARUS BALIK DI SURABAYA

Terminal

18.638 penumpang tiba di Surabaya.

Didominasi penumpang bus AKDP 14.839 orang dan 3.799 penumpang bus AKAP.

Operasikan 11 bus cadangan.

Bandara

Hari ini dan besok puncak arus balik.

Penumpang tembus 39 ribu orang.

Penumpang rute SurabayaJakarta paling dominan.

Stasiun

13.162 penumpang tiba di Surabaya.

Tiket arus balik masih tersedia.

1.980 tiket hari ini dan 2.261 tiket Minggu besok.

Pelabuhan

H+1 dan H+2 total 2.291 penumpang.

Puncak arus balik hari ini dan Minggu besok.

Siapkan dua armada untuk angkut kendaraan.

Sumber: Reportase Jawa Pos

Topik Menarik