Perjalanan Mudik H-1 Lebaran Lebih Lancar

Perjalanan Mudik H-1 Lebaran Lebih Lancar

Nasional | jawapos | Senin, 2 Mei 2022 - 20:32
share

JawaPos.com Tol trans-Jawa yang menjadi jalur utama mudik dari Jakarta ke arah timur kembali lancar pada Minggu (1/5). Arus kendaraan memang sempat padat hingga kepolisian memberlakukan one way dan contraflow di jalan tol. Kebijakan one way atau satu jalur yang membentang dari Km 70 Cikampek Utama hingga Km 414 GT Kalikangkung telah dihentikan pada pukul 11.48 WIB. Rekayasa lalu lintas contraflow mulai Km 47 di tol JakartaCikampek hingga Km 70 GT Cikampek Utama yang diberlakukan sejak Sabtu (30/4) pukul 23.00 juga telah ditutup pada Minggu (1/5) pukul 04.00.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan, pada Minggu menjelang sore tol JakartaCikampek yang semula padat sudah bisa dilintasi kendaraan dengan relatif lancar. Kondisi itu berlaku di jalur A yang mengarah ke timur dari Jakarta maupun jalur B yang mengarah ke ibu kota. Pengguna jalan yang berencana untuk mudik dari arah Bandung menuju arah Jakarta dapat mengakses tol JakartaCikampek dengan normal, jelas Heru kemarin.

Pengendara dari arah tol CikopoPalimanan (Cipali) juga sudah bisa mengakses tol JakartaCikampek menuju Jakarta atau di jalur B. Heru mengatakan, normalisasi di ruas tol itu dilakukan secara bertahap pada dua jalur di sejumlah ruas tol yang mengarah ke Semarang. Sampai H-2 Lebaran, Jasa Marga mencatat sudah 1,6 juta kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek. Jumlah itu naik 19 persen dari lalu lintas normal pada November 2021.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko menyampaikan, laporan yang dirinya terima dari Korlantas Polri mencatat penurunan arus kendaraan yang keluar dari Jakarta terjadi sejak Sabtu (30/4). Volume kendaraan keluar Jakarta pada Sabtu, 30 April 2022, turun sebanyak 4 persen, terang dia.

Meski demikian, arus lalu lintas di tol trans-Jawa tidak langsung benar-benar lengang. Gatot menyebutkan bahwa sampai kemarin arus lalu lintas masih relatif ramai. Arus lalu lintas terpantau ramai lancar, imbuhnya.

Berkaitan dengan rekayasa lalu lintas, baik one way maupun contraflow, untuk sementara memang sudah tidak diberlakukan. Hanya, Korlantas tetap bersiap diri bila kepadatan arus lalu lintas kembali terjadi. Rekayasa lalu lintas dilakukan bila memang diperlukan. Sifatnya situasional bergantung volume kendaraan, beber dia.

Setelah urusan di akses keluar dari Jakarta semakin lancar, perhatian kini diarahkan ke jalur tol menuju Jawa Timur lantaran menerima limpahan pemudik dari barat dan selatan serta kota-kota di sekitar Surabaya.

General Manager Representative Office (RO) 3 Jasamarga Transjawa Toll Road Hendri Taufik menyebutkan, jumlah volume kendaraan yang melintas di gerbang tol (GT) Kejapanan meningkat 13,1 persen dari normal dengan angka sebanyak 200.649 kendaraan hingga Sabtu malam. Sedangkan yang meninggalkan Surabaya tercatat 215.642 kendaraan atau naik 27,2 persen dari lalu lintas normal, ujar Hendri.

Di ruas tol SurabayaMojokerto juga terjadi peningkatan jumlah kendaraan. Direktur Utama PT Jasamarga SurabayaMojokerto Widyatmiko Nursejati menyampaikan, jumlah kendaraan yang melintas di gerbang tol Warugunung sebanyak 164.831 unit ke arah Surabaya. Naik 18,3 persen dari lalu lintas normal.

Sementara itu, penumpang lewat jalur penerbangan tercatat lebih tinggi dibandingkan data pada arus mudik 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa sampai H-3 Lebaran, tercatat penumpang moda udara sebanyak 141 ribu orang. Artinya, lebih tinggi sekitar 3 persen dari 2019. Ini menandakan bahwa kegiatan ekonomi mulai bergerak, jelas Budi.

Berdasar catatan kepolisian, sepanjang Operasi Ketupat 2022 terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 279 insiden. Kecelakaan tersebut mengakibatkan sedikitnya 39 orang meninggal dunia, 45 luka berat, dan 362 luka ringan. Untuk pelanggaran lalu lintas selama Operasi Ketupat 2022 tercatat 18.677 kali. Polisi mengeluarkan sedikitnya 1.954 surat tilang dan 16.733 teguran.

Topik Menarik