Viral Petugas Gerbang Tol "Mancing Takjil" Pakai Tambang, Ini Cerita Pedagang

Viral Petugas Gerbang Tol "Mancing Takjil" Pakai Tambang, Ini Cerita Pedagang

Nasional | okezone | Sabtu, 16 April 2022 - 16:03
share

JAKARTA - Viral di media sosial video seorang petugas Gerbang Tol Pisangan, Jatinegara, Jakarta Timur membeli takjil dari atas flyover Tol Wiyoto Wiyono.

Dalam video 19 detik tersebut, sang petugas membeli takjil dengan menggunakan tali tambang yang dibentangkan layaknya katrol dari flyover menuju pedagang takjil di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara.

Melalui tali tambang yang dibentangkan tersebut, terdapat kantong tas belanja yang digantungkan guna dijadikan transportasi uang beserta barang dagangan. Kantong tas belanja itu nantinya ditarik dari atas tol Wiyoto Wiyono dengan berisi takjil yang dipesan petugas tol.

Salah satu pedagang yang berjualan es kelapa, Saputra menyampaikan, dagangan takjilnya kerap dibeli petugas Gerbang Tol Pisangan dengan istilah \'mancing\'. Saputra menambahkan, cara tersebut dilakukan dengan mengirimkan pesan aplikasi singkat. Namun, cara itu baru dilakukan saat awal Ramadan 1443 Hijriah kali ini.

"Waktu itu pas mereka (petugas tol) mau berangkat kerja mereka mampir minta nomor handphone saya," kata Saputra menuturkan kepada wartawan, Sabtu (16/4/2022).

Selepas bertukar nomor gawai telepon, petugas Gerbang Tol Pisangan sepakat memesan takjil kepada Saputra dengan kode \'Mancing Mas\'. Kode \'Mancing Mas\' ini diisyaratkan karena metode alur jual beli antara penyerahan uang dan barang dagangan dipancing dari atas tol flyover Wiyoto Wiyono.

"Cara \'pancing\' untuk membeli takjil ini dilakukan mereka (petugas Gerbang Tol Pisangan) soalnya di area Tol Wiyoto Wiyono itu sulit ada pedagang yang melintas. Jadinya mereka ikut kesulitan membeli takjil," kata Saputra.

Topik Menarik