Jalan di Sumedang Ambles Sepanjang 50 Meter Masih Diperbaiki

Jalan di Sumedang Ambles Sepanjang 50 Meter Masih Diperbaiki

Nasional | republika | Rabu, 13 April 2022 - 01:07
share

REPUBLIKA.CO.ID,SUMEDANG -- Jalan penghubung Desa Cimarias dan Desa Cinanggerang, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, yang ambles akibat hujan deras, masih dalam perbaikan. Sampai saat ini upaya perbaikan dilakukan jajaran TNI, Polri, dan pemerintah daerah setempat.

"Masih dalam perbaikan dengan melibatkan instansi terkait," kata Kasi Humas Polres Sumedang, AKP Dedi Juhana, dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Menurut Dedi, jalan ambles tersebut terjadi Ahad (9/4/2022) sekitar pukul 06.00 WIB. Penyebab kejadian tersebut, kata dia, karena curah hujan yang mengguyur wilayah tersebut. Akibat amblesnya jalan sepanjang 50 meter dengan lebar enam meter dengan kedalaman satu meter memutuskan jalur tersebut.

photo
Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo meninjau perbaikan jalan desa yang ambles di Kecamatan Pamulihan. - (Humas Polres Sumedang)

"Curah hujan saat itu tinggi ditambah dengan kondisi tanah di lokasi tersebut yang labil," kata dia.

Untuk memantikan perbaikan jalan ambles tersebut, Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto yang di dampingi Kapolsek Pamulihan, IPTU Ardiyanto melakukan peninjauan ke lokasi, Selasa (12/04/2022). "Hari ini Kapolres Sumedang didampingi juga Kapolsek Pamulihan meninjau langsung jalan ambles tersebut. Bapak Kapolres memberikan arahan agar perbaikan jalan tersebut dipercepat agar masyarakat bisa beraktivitas seperti semula," ujar dia.

Menurut Dedi, upaya perbaikan masih terus dilakukan dengan melibatkan unsur TNI, Polri, pemerintah daerah serta masyarakat setempat. Untuk menunjang perbaikan, imbuh dia, dikerahkan dua unit traktor milik PT Subur Setiadi.

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan jalur tersebut tetap berhati-hati. Kondisi tanah masih labil apalagi ketika hujan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan masyarakat tetap harus waspada," tutur dia.

Topik Menarik