Loading...
Loading…
Ingin Panjang Umur Ditengah Banyaknya Penyakit? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Ingin Panjang Umur Ditengah Banyaknya Penyakit? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Nasional | reqnews.com | Minggu, 13 Februari 2022 - 23:02

JAKARTA, REQnews- Orang panjang umur yang hidup lebih dari 100 tahun biasanya memiliki metabolisme bagus dan di dukung dengan gen yang baik. Namun terlepas dari itu, hidup panjang umur juga bisa dicapai dengan melakukan gaya hidup sehat.

Berolaharaga, kesehatan mental yang baik dan mengonsumsi makanan tertentu yang dianggap lebih sehat adalah kuncinya.

Dilansir dari Medical News Today, Profesor dari Universitas Bergen di Norwegia, Lars Thore Fadnes mengatakan, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membuat umur panjang. Makanan itu kebanyakan berupa biji-bijian.

"Makan lebih banyak polong-polongan, biji-bijian, dan kacang-kacangan serta makan lebih sedikit daging merah dan daging olahan diperkirakan menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan harapan hidup bagi individu dengan pola makan biasa," kata Fadnes.

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi agar bisa hidup lebih lama.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan rendah glikemik yang bisa membantu mengurangi beban glikemik dari seluruh makanan. Kacang-kacangan juga menjadi salah satu makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes. Seperti dilansir CNBC, orang-orang yang berumur panjang di Okinawa-Jepang, Nicoya-Kosta Rika, Ikaria-Yunani, Loma Linda-California, dan Sardinia-Italia banyak yang mengonsumsi aneka kacang-kacangan.

Terlepas dari kepadatan kalorinya, konsumsi kacang dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah, dan bisa menekan nafsu makan. Makan kacang secara teratur juga mengurangi kolesterol dan terkait dengan pengurangan risiko penyakit jantung.

2. Sayuran Sillangan

Dilansir Eating Well, beragam sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, kubis brussel, kol, dan lainnya bisa membantu kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, sayuran tersebut juga kaya akan serat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Semuanya berasosiasi dengan panjang umur. Ada pula antioksidan yang disebut sulphorphane yang diketahui punya manfaat antikanker dan melindungi dari penyakit jantung. Sulphorphane juga mengontrol gula darah pada orang dengan diabetes tipe dua.

3. Buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan dan bisa membuat jantung lebih sehat. Buah beri juga memiliki sifat anti-kanker dan merupakan makanan yang sangat baik untuk otak, ada bukti bahwa konsumsi berry dapat membantu mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Aneka buah beri seperti blueberi, rasberi, blackberi, dan stroberi juga bantu menjaga kesehatan otak. Mereka kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 16.000 orang usia di atas 70 tahun, ditemukan bahwa mengonsumsi blueberi dan stroberi bisa mengurangi risiko daya kognisi yang menurun.

4. Salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik, termasuk juga beragam protein, vitamin B, selenium dan zat besi. Kandungan tersebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Termasuk mengurangi 80-90 persen kematian mendadak akibat serangan jantung. Makan sekitar 2 ons ikan per hari bisa mengurangi risiko kematian akibat sebab apa pun hingga 12 persen.

5. Tomat

Tomat dipercaya bisa bantu melawan inflamasi karena kandungan likopen yang dimiliki. Likopen juga ternyata bisa mengurangi LDL dalam tubuh yang bisa melindungi tubuh terhadap kanker prostat, kerusakan kulit akibat sinar UV, dan penyakit kardiovaskularTak hanya itu, berbagai nutrisi ditemukan dalam tomat. Dari mulai, vitamin C dan E, beta karoten, hingga antioksidan flavonol.

Original Source

Topik Menarik