Loading...
Loading…
Ini Alasan Warna Merah Identik pada Perayaan Imlek

Ini Alasan Warna Merah Identik pada Perayaan Imlek

Nasional | genpi.co | Selasa, 01 Februari 2022 - 12:12

GenPI.co - Setiap tahunnya, perayaan Imlek dirayakan dengan meriah dan penuh suka cita. Perayaan Imlek pun selalu identik dengan warna merah yang melakat pada banyak ornamen.

Namun, tahukah Anda makna dari warna merah yang sering bersanding dengan warna emas itu?

Warna merah berarti keberuntungan dan kebahagiaan, sedangkan emas berarti kekayaan. Keduanya dianggap sebagai warna keberuntungan Tahun Baru Cina.

Salah satu karakter huruf Cina yang juga digunakan selama Tahun Baru ini adalah Fu yang berarti keberuntungan. Fu sering disematkan pada ornamen seperti lampion yang digantung di depan rumah dan diartikan sebagai keberuntungan bakal datang.

Ada banyak penjelasan mengapa warna merah dikaitkan dengan nasib baik dan keberuntungan. Akan tetapi, salah satu yang menarik dan dikenal luas adalah kaitannya dengan Nian.

Nian adalah binatang buas yang akan turun dari gunung atau laut, yang memangsa manusian pada malam Tahun Baru.

Maka orang-orang pun meletakkan kertas merah dengan sebuah pesan dan diletakkan di sekitar pintu. Hal itu dilakukan karena mereka percaya Nian sangat takut dengan warna merah.

Sehingga monster itupun takut lalu pergi dan bakal kembali lagi dalam satu tahun.

Perayaan Imlek juga sering dihiasi dengan menyalakan kembang api yang dimaksudkan untuk menakuti roh jahat. Ini pula yang menjadi alasan warna merah identik dengan Imlek. Merah melambangkan api yang menakuti roh-roh jahat.

Tidak hanya pada ornamen dan pakaian saja, warna merah juga terselip pada aplop atau ang pao yang diberikan selama perayaan Imlek.

Amplop merah adalah isyarat yang dimaksudkan untuk membawa keberuntungan dan kesehatan yang baik kepada penerima di tahun mendatang.

Menariknya jumlah uang yang diberikan harus berjumlah genap karena memberikan jumlah uang ganjil dikaitkan dengan pemakaman. (*)

Video heboh hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{