Dua Alasan Partai Juara Pemilu 2024 di Jombang Usung Kades Warsubi Bakal Calon Bupati

Dua Alasan Partai Juara Pemilu 2024 di Jombang Usung Kades Warsubi Bakal Calon Bupati

Terkini | mojokerto.inews.id | Rabu, 15 Mei 2024 - 11:50
share

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah resmi mengusung Kades Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Warsubi sebagai bakal calon bupati Jombang pada Pilkada serentak, 2024 mendatang.

Ketua DPC PKB Jombang Hadi Atmaji mengatakan bahwa partai pemenang pemilu 2024 di Jombang ini mengusung Warsubi  karena mulai dari awal penjajakan hingga saat ini memenuhi persyaratan yang diberikan oleh PKB, salah satunya adalah postur APBD Kabupaten Jombang.

"Kalau beliau terpilih menjadi bupati, 80 persen alokasi APBD untuk pembangunan desa. Sedangkan 20 persen untuk kota. Ini sejalan dengan misi PKB," kata Hadi Atmaji usai silaturahmi dan sosialisasi Calon Bupati (Cabup) Jombang di Aula Graha Gus Dur yang menjadi kantor DPC PKB Jombang, Selasa (14/5/2024).

Syarat berikutnya adalah calon wakil bupati harus disetujui ole para kiai kultural di Kabupaten Jombang yang dikomandani KH Abdussalam Sohib atau Gus Salam, pengasuh pondok pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar. "Syarat lainnya kedua, adalah pengajuan cawabup kami serahkan kepada beliau, namun harus disetujui para kiai kultural,” ujar Hadi Atmaji.

Warsubi saat ini sudah mengantongi 9 usulan nama calon wakil bupati. Hadi menegaskan nama-nama tersebut tentunya akan diproses dan ditentukan atas keputusan para kiai kultural di Jombang. "Kalau wakilnya, kami sami’na wa’atho’na, kepada keputusan para kiai kultural di Jombang yang dikomandoi Gus Salam,” ujarnya.

 

Sementara itu, Warsubi yang juga ketua asosiasi kepala desa (AKD) Kabupaten Jombang mengaku sangat bersyukur. Menurut Warsubi, PKB adalah partai pertama yang memberikan rekom terhadap dirinya. Sedangkan partai lainnya masih berproses. Di antaranya, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Golkar.

"Selanjutnya kami diperintahkan oleh PKB untuk segera turun ke masyarakat. Kami ucapkan terima kasih kepada DPP PKB yang sudah memberikan rekom ini," kata Warsubi yang juga ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jombang.

Turunnya rekomendasi PKB membuat jalan Warsubi maju pilkada tahun ini akan mulus. Sebab,  partai berlambang bola dunia ini bisa mengusung calon bupati dan wakil bupati secara mandiri dengan perolehan 12 kursi.

"Untuk wakilnya masih proses. Belum bisa kita sampaikan. Pada saatnya pasti kami sampaikan. Menunggu rekomendasi dari semua partai koalisi," kata Warsubi menandaskan.

Topik Menarik