Pemkab Bangka Selatan Bantu Tingkatkan Omzet Pelaku UMKM Melalui Festival Basel Bekecak

Pemkab Bangka Selatan Bantu Tingkatkan Omzet Pelaku UMKM Melalui Festival Basel Bekecak

Ekonomi | lintasbabel.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 15:51
share

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Pemkab Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus berupaya membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wiliyah itu.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan membantu meningkatkan omzet pelaku UMKM melalui event hiburan secara rutin salah satunya event festival basel bekecak yang digelar di Sport Center Toboali tanggal 15 hingga 17 April 2024.

Event tersebut dikemas dengan menghadirkan artis penyanyi Gilga Coustik dan beberapa artis dangdut ibu kota. Ramainya warga yang berkunjung ke lokasi acara ternyata berdampak positif bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan omzet dagangan terutama bagi pedagang kuliner.

Bupati Bael, Riza Herdavid mengatakan, event festival Basel Bekecak tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Bangka Selatan dalam membantu pelaku umkm di daerah itu.

Setidaknya ada 150 pelaku UMKM yang memanfaatkan event tersebut untuk meningkatkan Omzet dagangan.

"Info dari kawan-kawan sebenarnya ada 300an yang mendaftarkan diri, namun karena tempatnya terbatas juga Panitia hanya bisa mengakomodir 150 pedagang sesuai dengan stand yang disediakan. Ini merupakan salah upaya kami untuk membantu pelaku UMKM," katanya.

Pemkab Bangka Selatan, kata dia akan mengevaluasi hasil event tersebut sebagai bahan masukan untuk pelaksanaan event selanjutnya.

"Konsep kita dalam melaksanakan event itu dengan biaya murah tapi hasilnya bisa berdampak besar bagi pelaku UMKM. Makanya hasil setiap event itu selalu kita evaluasi," ucapnya.

Sementara itu, Septiani salah satu pedagang kuliner yang berjualan di lokasi event tersebut mengaku merasa terbantu dengan Festival Basel Bekecak.

"Alhamdulillah selama berjualan di acara Festival Basel Becekak ini, Omzet saya melonjak hingga belasan juta rupiah dari hari-hari biasa. Terima kasih Pemkab Bangka Selatan," katanya.

Senada dikatakan Dona yang juga merupakan pedagang kuliner. Ia berharap event serupa dapat terus digelar secara rutin karena sangat membantu pelaku UMKM.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Bangka Selatan yang sudah mengadakan acara seperti ini. Kami sangat mengharapkan acara seperti ini bisa diadakan secara rutin karena sangat membantu kami. Selama tiga hari ini saja omzet saya bisa puluhan juta rupiah," tuturnya.

Topik Menarik