BLT DD Tahap Satu Tahun 2024 untuk 33 KPM di Desa Cisarap Tersalurkan

BLT DD Tahap Satu Tahun 2024 untuk 33 KPM di Desa Cisarap Tersalurkan

Terkini | lebak.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 11:50
share

LEBAK, iNewsLebak.id - Pemerintah Desa Cisarap, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), kepada 33 Keluarga Penerima Manfaat, bertempat di Kantor Desa Cisarap, Jum'at (19/4/2024) pagi.

BLT DD tersebut dikhususkan untuk warga miskin ekstrem, dengan sumber dana APBDes tahun anggaran 2024, tahap 1 (Bulan Januari, Februari, Maret dan April) dengan nominal Rp1.200.000,-

Hadir dalam penyaluran BLT DD di Desa Cisarap; Kepala Desa Cisarap Jumra, Kasi Ekbang Kecamatan Wanasalam Mohamad Juhri, Koordinator Tim Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Wanasalam Cahyani, Kasi Ekbangkesra Desa Iman Irawan, Prades Cisarap, Pendamping Desa Cisarap Suharjono, KPM dan yang lainnya.

Dikatakan Jumra, selaku Kepala Desa Cisarap, BLT-DD di Desa Cisarap, diberikan kepada 33 KK yang telah ditetapkan sebagai KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

"Proses penetapan KPM BLT-DD di Cisarap tidak ditetapkan begitu saja, melainkan diusulkan terlebih dahulu melalui musyawarah, kemudian diverifikasi faktual dan selanjutnya ditetapkan melalui Musyawarah Desa" katanya.

Kata Jumra, BLT-DD di programkan oleh desa sebagai upaya penanganan kemiskinan ekstrem. Pengalokasian anggaran desa untuk BLT-DD diatur dalam Permendagri tentang prioritas penggunaan anggaran desa.

"Kami berharap agar para KPM bisa memanfaatkan BLT DD dengan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk belanja sembarangan. Gunakan uang tersebut untuk membeli sembako ataupun dijadikan modal usaha," ucapnya.

Jumra menambahkan, pada pencairan anggaran BLT-DD ditahap pertama ini, masing-masing KPM menerima bantuan dana sebesar Rp1.200.000,- dengan rincian Rp300.000,- perbulan.

"BLT-DD ini rinciannya yaitu dana yang diterima KPM Rp300.000,- per bulan dikalikan 4 bulan, dan untuk sekarang ini pencairan tahap 1," terangnya.

Sementara itu, Kasi Ekbangkesos Kecamatan Wanasalam, Mochamad Juhri, mengatakan dengan hadirnya BLT DD yang disalurkan oleh Desa Cisarap kepada sebagian masyarakat Desa Cisarap yang benar-benar keadaan ekonomi yang sangat kurang beruntung, ia berharap bisa bermanfaat, bisa mengurangi beban hidup keluarganya.

"Saya berharap uang BLT dari DD ini dapat membantu mengurangi beban ekonomi KPM di keluarganya. Diutamakan untuk belanja sembako terutama beras, dan bisa juga dibelanjakan kepada kebutuhan pokok yang lainnya yang memang sangat dibutuhkan untuk keluarga," ungkapnya.

Topik Menarik