Tantang Timnas Indonesia U-23 di Semifinal Piala Asia U-23, Uzbekistan Punya Statistik Mentereng

Tantang Timnas Indonesia U-23 di Semifinal Piala Asia U-23, Uzbekistan Punya Statistik Mentereng

Olahraga | kutai.inews.id | Sabtu, 27 April 2024 - 13:00
share

DOHA, iNewsKutai.id - Uzbekistan akan menjadi lawan timnas Indonesia U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-24. Tim asal Asia Tengah itu punya statistik mentereng selama turnamen.

Uzbekistan berhasil menyegel tempat terakhir di babak semifinal Piala Asia U-23 setelah mencukur Arab Saudi dua gol tanpa balas di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayan pada Jumat (26/4/2024) malam.

Arab Saudi yang notabene juara bertahan dipecundangi lewat gol Khusayin Norchaev dan Umarali Rakhmonaliev. Kemenangan ini tidak lepas dari strategi Uzbekistan yang tampil menekan sejak awal pertandingan.

Menilik perjalanan sejak fase grup, tim berjuluk White Wolves itu punya statistik mentereng. Jasurbek Jaloliddinov dkk mencatatkan hasil sempurna sejak awal turnamen.

Tergabung di D, Uzbekistan berhasil melibas lawan-lawannya. Mulai dari mempermalukan Malaysia dua gol tanpa balas, lalu mencukur Kuwait dengan skor telak 5-0.

Setelah itu, giliran Vietnam jadi korban gelontoran tiga gol tanpa balas pada matchday terakhir Grup D. Tidak hanya meraup poin sempurna, Uzbekistan juga mencatatkan clean sheet sepanjang penyisihan grup.

Sebaliknya, mereka menggelontorkan 10 gol ke gawang lawan. Performa impresif itu berlanjut ke babak perempat final. Tidak hanya memulangkan Arab Saudi, White Wolves juga berhasil menjaga gawangnya tetap perawan.

 

Statistik mentereng ini patut diwaspadai timnas Indonesia. Penyerang Uzbekistan tidak hanya haus gol namun juga diimbangi barisan pemain bertahan yang solid dan disiplin.

Hal ini berbanding terbalik dengan timnas Indonesia di mana dari 4 pertandingan, Garuda Muda hanya mencatatkan sekali clean sheet saat menghadapi Australia.

Di fase grup, Indonesia kebobolan tiga gol dan pada perempat final dua gol. Dari segi produktivitas, Garuda Muda mencatatkan tujuh gol hingga babak perempat final.

Meski demikian, pelatih Uzbekistan Timur Kapadze enggan menganggap remeh timnas Indonesia. Meski berstatus tim debutan, dia menyebut Indonesia menujukkan mampu melawan tim besar.

Dia mencontohkan Korea Selatan yang secara mengejutkan dipulangkan Indonesia. 

"Kami menonton pertandingan Indonesia melawan Republik Korea dan mereka menunjukkan bahwa mereka bisa tampil melawan tim-tim besar,"ujar Kapadze seusai laga melawan Arab Saudi.
 
“Jadi mulai sekarang dan seterusnya, kami akan mulai menganalisis dan mempersiapkannya (melawan timnas Indonesia,” pungkasnya.

Topik Menarik