Penumpang Kereta Padati Stasiun Pasar Senen di Hari Pertama Libur Panjang, Begini Situasinya

Penumpang Kereta Padati Stasiun Pasar Senen di Hari Pertama Libur Panjang, Begini Situasinya

Ekonomi | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 18:05
share

JAKARTA, iNews.id - Penumpang kereta api (KA) jarak jauh membeludak di Stasiun Pasar Senen saat hari pertama long weekend atau libur panjang Kenaikan Yesus Kristus, Kamis (9/5/2024). Volume penumpang melonjak pada hari ini dibanding hari biasa.

Pantauan iNews.id di lokasi, ribuan penumpang KA jarak jauh sudah memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sejak Kamis siang tadi hingga sore hari. Mereka nantinya menggunakan KA untuk bepergian ke daerah tujuan.

Di lokasi yang sama, ada sejumlah penumpang yang baru membeli tiket melalui mesin penjual otomatis atau vending machine yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI di stasiun.

Meski begitu, tak terjadi antrean panjang ketika penumpang melakukan transaksi. Sementara, mayoritas penumpang lainnya memanfaatkan ruang tunggu yang tersedia sebelum jadwal keberangkatan KA.

Suasana Stasiun Pasar Senen dipadati penumpang KA Jarak Jauh pada hari pertama long weekend atau libur panjang Kenaikan Yesus Kristus, Kamis (9/5/2024). (Foto: Suparjo Ramalan)
Suasana Stasiun Pasar Senen dipadati penumpang KA Jarak Jauh pada hari pertama long weekend atau libur panjang Kenaikan Yesus Kristus, Kamis (9/5/2024). (Foto: Suparjo Ramalan)

Sebagai informasi, KAI mengoperasikan tujuh kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang. Libur keagamaan jatuh pada 9 Mei 2024, diikuti dengan cuti bersama di akhir pekan.

Tercatat, sekitar 115.000 tiket lebih telah dipesan untuk periode keberangkatan 8-12 Mei tahun ini. Dari data pemesanan tiket, jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari ini.

Terdapat sekitar 34.000 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta. Dari jumlah tersebut 17.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12.000 penumpang dari Stasiun Gambir dan sisanya 5.000 penumpang lainnya dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek dan Jakarta Kota.

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini, ucap Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko saat dikonfirmasi.

Dia menambahkan, jumlah penumpang pada libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa.

Adapun, total tiket kereta api yang terjual pada Kamis-Minggu pekan ini mencapai 115.200 tiket. Rinciannya, Stasiun Pasar Senen 57.500 penumpang dengan pelayanan kereta api 31 perjalanan per hari.

Kemudian, 37.100 penumpang naik dari Stasiun Gambir dengan 33 perjalanan kereta api per hari. Angka penjualan tiket masih akan terus bergerak seiring dengan masa long weekend.

Topik Menarik