Puluhan Siswa SD Mentokok Lombok Tengah Keracunan Massal, 15 Dirawat

Puluhan Siswa SD Mentokok Lombok Tengah Keracunan Massal, 15 Dirawat

Terkini | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 16:15
share

LOMBOK TENGAH, iNews.id - Puluhan siswa sekolah dasar negeri (SDN) Mentokok, Desa Penujaq, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah keracunan massal usai mengonsumsi jajan jelly stik yang dijual pedagang keliling, Senin (6/5/2024). Dari puluhan siswa, 15 di antaranya dirawat di puskesmas karena mengalami gejala keracunan parah. 

Kepala SDN Mentokok, Baiq Masarah mengatakan, siswa yang mengalami gejala keracunan sekitar 40an anak. Namun dari puluhan siswa tersebut, 15 di antaranya dirawat di puskesmas lantaran membutuhkan penanganan lebih serius.

“Kejadiannya, siswa sedang melaksanakan upacara pada Senin pagi. Selesai upacara, sejumlah siswa mengeluhkan sakit perut dan muntah, sehingga bergiliran ke toilet. Setelah ditelusuri, sebagian besar siswa mengaku memakan stik jelly berhadiah sebelum upacara,” katanya. 

Penanggungjawab IGD Puskesmas Penujaq, Lalu Tanu mengatakan, 15 siswa korban keracunan masih menjalani observasi lebih lanjut. 

“Kita masih observasi untuk mengetahui penyebab pasti siswa mengeluhkan sakit perut dan muntah-muntah,” katanya. 

Kasus keracunan massal siswa SDN Mentokok kini sudah dilaporkan ke polisi. Petugas yang datang ke lokasi mengumpulkan sampel makanan dan meminta keterangan sejumlah saksi.

Topik Menarik