PUPR Bakal Relokasi 310 Rumah Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

PUPR Bakal Relokasi 310 Rumah Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Ekonomi | inews | Jum'at, 3 Mei 2024 - 14:14
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, pihaknya bakal merelokasi 310 rumah warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Relokasi tersebut tidak hanya berkaitan dengan kondisi rumah yang rusak, namun wilayah permukiman juga yang saat ini masih menjadi titik rawan bencana akibat aktivitas vulkanik, sehingga masyarakat harus dipindahkan.

"Saya sudah mendapatkan datanya ada 310 rumah yang perlu direlokasi dampak Erupsi Gunung Ruang," ujar Basuki saat ditemui iNews.id , Jumat (3/5/2024).

Adapun saat ini, Basuki telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan survei lokasi yang menjadi tempat relokasi rumah warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang, mengingat masih terdapat aktivitas vulkanik. Rencananya relokasi rumah warga akan bergeser lebih jauh dari lokasi semula.

"Lokasinya agak jauh sekitar 40 km, rencananya di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara," tuturnya.

Adapun rumah yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR adalah Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Hal ini menimbang aspek kecepatan mendirikan bangunan dari adopsi teknologi untuk membangun RISHA.

"Di Sulut sudah ada 100 unit RISHA yang siap, kemudian nanti akan dikirim dari Jawa Barat 210 unit," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Basuki menyampaikan sejauh ini laporan yang diterima akibat dampak erupsi Gunung Ruang baru rumah saja yang harus segera di relokasi. Sedangkan untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial belum ada permintaan dari Pemerintah Daerah untuk dilakukan perbaikan.

"Laporan dari gubernur, dan rekan-rekan di Balai Sulut, ya baru rumah itu yang harus direlokasi," ucapnya.

Topik Menarik