Dituding Mau Campuri Pilpres AS, Begini Respons Pedas China

Dituding Mau Campuri Pilpres AS, Begini Respons Pedas China

Terkini | inews | Senin, 29 April 2024 - 18:29
share

BEIJING, iNews.id - China menegaskan tidak tertarik untuk ikut campur dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) AS yang akan digelar pada 5 November mendatang. Beijing juga manyatakan sama sekali tidak berniat melakukan hal tersebut. 

Sikap itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian, pada hari ini. Pernyataan itu sebagai respons atas pernyataan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, pada Jumat (26/4/2024) lalu yang mengatakan bahwa Washington DC telah melihat bukti upaya China untuk "memengaruhi dan campur tangan" dalam Pilpres AS. 

“Tidak adanya campur tangan dalam urusan dalam negeri (bangsa lain) adalah salah satu prinsip dasar diplomasi China. Pemilihan presiden AS adalah urusan internal AS, China tidak akan ikut campur dengan cara apa pun dan tidak pernah tertarik (terhadap hal itu),” kata Lin dalam konferensi pers di Beijing, Senin (29/4/2024). 

Menurut dia, negaranya dengan tegas menentang penggunaan narasi terkait China untuk melemahkan kepentingan China demi tujuan pemilu di AS. Jubir tersebut juga mendesak AS agar berhenti menjelek-jelekkan China dan berbuat lebih banyak untuk berkontribusi pada stabilitas hubungan dan kepentingan rakyat kedua negara. 

Pilpres AS 2024 dijadwalkan berlangsung pada November. Sampai sejauh ini, kandidat utama yang diprediksi akan bertarung nanti adalah Presiden petahana Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump. Kedua politisi itu masing-masing telah memenangkan cukup suara delegasi untuk menjadi calon dari Partai Demokrat dan Partai Republik.

Topik Menarik