GP Ansor Gelar Kegiatan Bersepeda 90 Km, Olahraga Sekaligus Tapak Tilas Perjuangan Ulama

GP Ansor Gelar Kegiatan Bersepeda 90 Km, Olahraga Sekaligus Tapak Tilas Perjuangan Ulama

Olahraga | inews | Minggu, 28 April 2024 - 04:27
share

JAKARTA, iNews.id - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar acara bersepeda 90 km dari Jakarta menuju Kabupaten Bekasi, Minggu (21/4/2024). Ini merupakan bagian peringatan hari lahir ke-90 mereka.

Agenda ini dipimpin Ketua Umum GP Ansor H Addin Jauharudin dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) H Rifqi Al Mubarokah. Mereka mengayuh sepeda melewati 9 pos dari Jakarta, Kota Bogor hingga ke Kabupaten Bekasi sejauh 90 km.

Kegiatan olahraga ini berakhir di Pesantren Baqiyatus Solihat di Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Perlu diketahui Pesantren ini didirikan KH Ma'mun Nawawi atau dikenal dengan Mama Cibogo, salah satu santri terbaik KH Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Nah, pesantren Mama Cibogo merupakan tempat pertama pelatihan 500 santri pasukan Hizbullah pada 28 Februari 1945 pasca-munculnya Resolusi Jihad yang digaungkan KH Hasyim Asy'ari. Pasukan ini diberangkatkan ke medan perang 10 November di Surabaya atau dikenal dengan peristiwa 10 November yang menjadi hari besar nasional.

"Di hari jadi GP Ansor yang ke 90 Tahun ini, kami menghadirkan salah satu rangkaian kegiatan yaitu ANSOR GOWES, yang mengajak kader Ansor, terutama yang berada di Jabodetabek untuk napak tilas perjuangan ulama dalam mengayuh Indonesia emas dengan bersepeda sepanjang 90 KM," kata Addin dalam rilis yang diterima iNews.id, Minggu (28/4/2024).

"Melalui kegiatan ini kami ingin menanamkan semangat untuk berolahraga dan hidup sehat bagi masyarakat," ujarnya.

Acara ini didukung Aice Group tang kembali membuktikan komitmennya terhadap perkembangan olahraga di tanah air. Ini merupakan bagian dari upaya mengajak masyarakat mengadopsi gaya hidup sehat melalui olahraga.

Kami menegaskan komitmen untuk berkontribusi positif kepada masyarakat, khususnya dengan mengajak mereka menjalani gaya hidup sehat melalui olahraga. Kali ini, kami berkolaborasi lagi dengan GP Ansor dalam mendukung dan memeriahkan kegiatan ANSOR GOWES," tutur Senior Brand Manager Aice Group, Sylvana Zhong.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga, termasuk bersepeda, ucapnya.

Topik Menarik