Hasil Liga Europa: Atalanta ke Final usai Pesta 3-0 atas Marseille

Hasil Liga Europa: Atalanta ke Final usai Pesta 3-0 atas Marseille

Olahraga | inews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 05:54
share

BERGAMO, iNews.id - Atalanta melaju ke final Liga Europa 2023-2024 usai pesta 3-0 atas Olympique Marseille pada leg kedua semifinal di Gewiss Stadium, Bergamo, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB. 

Tiga gol dari Ademola Lookman, Matteo Ruggeri dan El Bilal Toure mengirim tim Italia itu ke final Liga Europa pertama mereka dengan kemenangan agregat 4-1 atas wakil Prancis tersebut.

Hasil ini akan membuat Atalanta bertemu Bayer Leverkusen, yang mengalahkan AS Roma, di final Eropa pertama mereka di Dublin, 22 Mei mendatang.

Lookman membuka hegemoni Atalanta melalui tendangan jarak jauh pada menit ke-30. Dia juga yang menjadi kreator gol kedua La Dea setelah umpannya dimaksimalkan Ruggeri pada menit ke-52.

Serangan berulang-ulang Atalanta, melalui Gianluca Scamacca dan Davide Zappacosta, membuat tim tamu kewalahan. Alhasil, Marseille hanya memiliki sedikit peluang. Kemudian, pemain pengganti El Bilal Toure berhasil mempertegas kemenangan Atalanta pada menit ke-90+4.

“Gol pertama saya di Bergamo merupakan emosi yang sangat besar,” kata Ruggeri kepada SkySports Italia.

“Sekarang kami dapat bermimpi dengan mata terbuka bahwa kami berada di final. Ini adalah momen untuk merayakannya bersama masyarakat kami.”

Atalanta mengincar trofi ganda saat mereka juga menghadapi Juventus di final Coppa Italia, Kamis (16/5/2024) dini hari WIB.

"Ini akan menjadi kesempatan bersejarah bagi tim seperti kami yang tidak memiliki jumlah (suporter) yang cukup untuk menang. Ini sungguh luar biasa tetapi menjadi pertanda baik bagi semua orang,” ucap Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini.

“Angka sepertinya penting, sepertinya Liga Super harus ada, tapi contoh Atalanta bisa memberi harapan. Sepak bola itu indah karena meritokrasi, bukan karena hak yang diperoleh,” ucapnya.

Atalanta berada di urutan kelima di Serie A Liga Italia 2023-2024 dan juga mengincar tempat kualifikasi Liga Champions melalui liga domestik. Mereka menghadapi pertarungan di kandang melawan Roma yang berada di posisi keenam pada Senin (13/5/2024) dini hari WIB.

Topik Menarik