5 Cara Mengatasi Malas Belajar, Dijamin Ampuh!

5 Cara Mengatasi Malas Belajar, Dijamin Ampuh!

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 27 April 2024 - 17:14
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengatasi malas belajar perlu diketahui. Belajar merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan.

Namun dalam prosesnya, seseorang biasanya akan terhambat dengan rasa malas. Penyebabnya bermacam-macam, seperti bosan, kewalahan, hingga tidak memiliki motivasi lagi.

Oleh sebab itu, cara mengatasi malas saat belajar, yang dikutip iNews.id dari laman BetterUp, Sabtu (27/4/2024), berikut ini patut untuk diterapkan.

Cara Mengatasi Malas Belajar

1. Menemukan motivasi

Langkah pertama untuk menaklukkan kemalasan adalah mencari tahu apa yang dapat memotivasimu. Dalam hal ini, motivasi setiap orang berbeda, seperti membahagiakan orang tua atau ingin memiliki karya yang dikenang semua orang.

Setelah mengidentifikasi hal tersebut, pertimbangkan untuk menuliskannya dan menempatkannya di tempat yang bisa dilihat setiap hari, seperti cermin kamar atau layar desktop. Tulisan itu dapat dilihat saat kamu merasa tidak termotivasi.

2. Menjauhkan distraksi atau pengganggu saat belajar

Luangkan satu atau dua hari untuk melacak gangguan belajarmu. Distraksi paling umum adalah media sosial, sehingga kamu harus menonaktifkan ponselmu untuk sementara waktu saat belajar.

Namun jika distraksi itu berasal dari orang lain, seperti ajakan teman untuk nongkrong, maka kamu bisa membuat batasan atau mempertegas bahwa kamu tidak akan pergi ke mana-mana di waktu belajar.

3.Meminta orang terpercaya untuk mengawasimu

Sangat mudah untuk bermalas-malasan ketika tidak ada yang melihat. Oleh sebab itu, akan lebih baik untuk melibatkan orang yang kita hormati dan kagumi untuk turut serta dalam kemajuan kita.

Untuk merealisasikannya, beri tahu sahabat atau orang tua mengenai tujuan yang akan dicapai. Kemudian, minta mereka untuk mengawasi setiap prosesmu.

Apabila kegigihanmu kendur, mereka akan mengingatkanmu mengenai tujuan yang ingin kamu capai. Mereka bahkan juga bisa menjadi penasihat di setiap langkah yang kamu ambil.

4. Memberi waktu istirahat

Otak kita tidak dirancang untuk fokus pada satu hal dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, 45 menit adalah saat konsentrasi kita mencapai puncaknya dan aktivitas otak mulai menurun..

Mencoba melanjutkan tugas dalam kurun waktu yang sangat lama dapat menyebabkan kinerja buruk dan frustrasi. Jadi, istirahatlah sesekali dan biarkan pikiran rileks di tengah-tengah aktivitas.

Kamu juga dapat menggunakan Teknik Pomodoro, sebuah metode manajemen waktu yang membagi tugas menjadi interval 25 menit untuk membuat pekerjaan tampak tidak terlalu membebani. Kerjakan satu tugas (tanpa multitasking) selama 25 menit, lalu istirahat lima menit. Setelah empat interval, istirahatlah selama 15 menit.

5. Menetapkan tujuan yang realistis

Menetapkan tujuan yang tidak realistis dapat menyebabkan gejala kelelahan seperti kelelahan dan penurunan motivasi. Oleh sebab itu, tetapkan tujuan yang masuk akal.

Menetapkan tujuan yang masuk akal berarti kamu tidak akan terlalu kewalahan dan tingkat produktivitas akan cenderung tetap konsisten selama proses berlangsung. Ingatlah juga untuk membagi tujuan menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.


Itulah cara mengatasi malas belajar. Semoga menginspirasi.

Topik Menarik