Lirik Sholawat Darurat Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan

Lirik Sholawat Darurat Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 23:41
share

JAKARTA, iNews.id - Lirik Sholawat Darurat lengkap dengan Arab, Latin, dan terjemahan akan diulas berikut ini. Umat Muslim disunnahkan untuk mengamalkan sholawat oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Hal ini sebagaimana dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku". (HR Tirmidzi).

Terdapat banyak macam sholawat yang dapat diamalkan, salah satunya sholawat darurat. Menurut Syekh Ali Jaber dalam buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan, umat Muslim yang mengamalkan sholawat ini akan dicukupkan segala kebutuhannya.

Lirik Sholawat Darurat

Menukil berbagai sumber, berikut lirik sholawat darurat, Kamis (25/4/2024) yang bisa diamalkan oleh umat Muslim.

Latin:

Allahumma sholli alaa sayyidinaa muhammadin qoddhoo qot hiilatii adriknii yaaallahi yaa rasuulallahi.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, sungguh sempit upayaku, tolonglah aku, wahai Rasulullah.

Umat Muslim juga dianjurkan untuk berdoa saat menemui ujian berat dalam hidup. Bacaan doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam kepada Ali bin Abi Thalib saat dirinya mengalami kesulitan di dalam perang.

Latin:

Bismillaahirrahmaanirrahiim wallaa haula walaa quwwata illaa billaahilaliyil adhim.
Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tidak ada kekuatan dan daya upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Cara Mengamalkan Sholawat Darurat

Menurut Ustadz Fadhli Ramadhan dalam buku Dzikir Pagi & Petang, cara mengamalkan sholawat darurat adalah dengan membacanya di malam Jumat sebanyak 1000 kali.

Tak hanya itu, umat Muslim juga dapat membiasakan atau merutinkan bacaan ini selesai sholat fardhu atau kapanpun saat di waktu luang.

Demikian ulasan mengenai lirik Sholawat Darurat. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik