Peringati Hari Kartini, IDX Channel Hadirkan Perempuan Hebat di Pasar Modal Indonesia

Peringati Hari Kartini, IDX Channel Hadirkan Perempuan Hebat di Pasar Modal Indonesia

Ekonomi | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 18:16
share

JAKARTA, iNews.id - IDX Channel menggelar event pasar modal di Mainhall Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam rangka memperingati Hari Kartini, Jumat (26/4/2024). Dalam acara tersebut turut menghadirkan sejumlah perempuan hebat yang berada di pasar modal Indonesia.

Gelaran Kartini Pasar Modal diisi sejumlah acara di antaranya talkshow, fundraising, fashion show, entertaint hingga bazar. Dalam sambutannya, Direktur BEI, Risa E Rustam mengungkapkan sederet peran besar R.A. Kartini dalam membela kaum perempuan.

"R.A. Kartini telah berhasil memperjuangkan kesetaraan gender dan pendidikan yang lebih layak bagi kaum perempuan, yang sebelumnya perempuan hanya dianggap tidak memperoleh hak yang sama dengan laki-laki," ujar Risa.

"Untuk itu, kita semua kaum perempuan saat ini patut bersyukur atas perjuangan R.A. Kartini yang manfaatnya dapat kita rasakan bersama, yang mana saat ini kita banyak melihat perempuan yang berhasil menjadi pemimpin," tuturnya.

Risa menambahkan, perempuan sukes bukan hanya perempuan yang berhasil dalam karier dan pekerjaan. Menurutnya, ibu rumah tangga pun patut disebut perempuan sukses jika ia berhasil mengelola keuangan keluarga yang efisien dan tepat.

Dia menuturkan, peran ibu rumah tangga dalam mengalokasikan atau mengelola keuangan keluarga sangat penting. Dia mengibaratkan setiap ibu rumah tangga adalah direktur keuangan di dalam rumah tangga masing-masing.

"Zaman dahulu para ibu rumah tangga hanya menyisihkan uang belanja sebagai dana simpanan atau tabungan di bank saja, namun saat ini sudah semakin banyak ibu-ibu cerdas yang telah teredukasi dan menginvestasikan dana nya di pasar modal atau instrumen keuangan lainnya," ucapnya.

Senada, dalam momen yang sama, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexsandra Askandar juga mengungkapkan pentingnya investasi oleh para perempuan guna meraih kesejahteraan, kenyamanan, dan juga keamanan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Alexandra menuturkan, perempuan punya tanggung jawab juga untuk pengelolaan keuangan agar bisa mandiri secara finansial, bukan hanya berpikir jangka pendek. Menurutnya, perempuan harus tahu apa yang menjadi kebutuhan utama sebagai individu maupun keluarga.

"Investasi sangat penting. Kita kan ingin hidup sejahtera nyaman dan aman. Kita juga ingin punya alokasi buat hiburan, ibadah, di sini kita tidak hanya memikirkan alokasi dana tapi bisa mengalokasikan dalam bentuk tabungan atau investasi jangka panjang," kata dia.

Dalam sesi talkshow turut hadir juga Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia Karin Zulkarnaen. Hadir juga Direktur Insight Investments Management Ria Meristika Warganda, Direktur Sales & Operasi PT PGN Tbk Ratih Esti Prihatini, Selebritas sekaligus womenpreneur Dyah Permatasari, Chairwoman of APPMI & President of Indonesia Fashion Week Poppy Dharsono serta Obstetrics & Gynecology dr Fara Vitantri.

Topik Menarik