Progres Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Capai 81 Persen, Siap Gelar Upacara 17 Agustus 2024

Progres Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Capai 81 Persen, Siap Gelar Upacara 17 Agustus 2024

Ekonomi | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 20:13
share

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga saat ini sudah mencapai 81 persen. Sejumlah proyek telah siap dioperasikan pada Agustus 2024 mendatang. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan, sejumlah proyek yang siap dioperasikan pada Upacara 17 Agustus nanti merupakan yang sudah dilelang pada batch 1.

"Insyaallah sudah siap semuanya, untuk menyambut perayaan upacara 17 Agustus mendatang," ujar Basuki di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (6/5/2024). 

Basuki menambahkan, beberapa proyek yang ditargetkan sudah siap beroperasi sebelum 17 Agustus mendatang, seperti pembangunan reservoir yang akan menyuplai air minum bagi warga IKN. 

Reservoir IKN yang sudah terbangun mempunyai kapasitas 2 x 6.000 liter. Nantinya, air yang dialirkan dari reservoir akan langsung bisa diminum oleh masyarakat. 

Kemudian, pembangunan Multi-utility Tunnel (MUT) di IKN yang ditargetkan rampung sepanjang 26 kilometer (km) sebelum Agustus 2024. Kehadiran MUT nantinya akan menjadi tempat penampungan kabel, sanitasi, hingga jalur distribusi air perpipaan ke IKN. 

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, pembangunan lapangan upacara saat ini progresnya sudah mencapai 90 persen. Sehingga, lapangan upacara tersebut sudah siap digunakan untuk upacara 17 Agustus mendatang. 

Di samping itu, pembangunan Gedung Kantor Presiden sudah mencapai 81 persen dan Istana Presiden sudah 65 persen. Ditargetkan kedua bangunan tersebut akan rampung pada Juli mendatang. 

Selain itu, pembangunan rumah rumah susun untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan pindah ke IKN ditargetkan rampung sebanyak 12 tower pada Juli mendatang. 

"IKN didesain bukan untuk kami-kami, makanya semuanya didesain smart city, mulai dari kantor dan hunian," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan, dalam pembangunan IKN batch 1 meliputi 6 paket pekerjaan di Bidang Sumber Daya Air di antaranya membangun bendungan dan jaringan air. 

Kemudian, terdapat 17 paket pekerjaan di Bidang Bina Marga seperti jalan tol dan jalan di kawasan KIPP, 15 paket pekerjaan di Bidang Cipta Karya seperti Pembangunan Istana Presiden dan 4 Kantor Kementerian Koordinator, serta 2 paket pengerjaan pembangunan hunian ASN.

Danis menuturkan, beberapa infrastruktur yang ditargetkan rampung pada pertengahan tahun 2024 mendatang seperti Istana Presiden, 4 Kantor Kementerian Koordinator, sebagai hunian PNS dan pembangunan rumah tapak Jabatan Menteri, Akses Tol dari Bandara Balikpapan ke pusat Inti IKN, jaringan jalan kota, Bendungan Sepaku Semoi dan jaringan air minumnya.

"Pembangunan batch 1 itu kita targetkan akan rampung semuanya sebelum 17 Agustus mendatang, karena untuk mendukung pelaksanaan upacara," kata Danis.

Topik Menarik