Penyebab Kenapa HP Cepat Panas, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Kenapa HP Cepat Panas, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 16:52
share

JAKARTA, iNews.id - Penyebab kenapa HP cepat panas jadi informasi yang menarik untuk dibahas kali ini. Bagi banyak orang, handphone jadi salah satu barang penting di era modern seperti sekarang ini.

Bukan tanpa sebab, handphone dapat mempermudah berbagai hal. Seperti berkomunikasi, mencari hiburan, hingga berselancar di media sosial. 
 
Meski begitu, handphone dapat cepat panas jika digunakan dalam intensitas yang tinggi. Jika dibiarkan overheat terus-menerus, bukan tidak mungkin handphone kamu akan mengalami kerusakan pada sistem. 

Kenapa HP Cepat Panas?

Menurut situs Avast, Rabu (24/4/2024), terdapat beberapa sebab HP cepat panas. Berikut penjelasannya: 

1. Terlalu Banyak Buka Aplikasi 

Aplikasi yang terlalu banyak dibuka dalam satu waktu sekaligus ternyata dapat membuat HP cepat panas. Meski sedang tidak digunakan, aplikasi masih menjalankan proses latar belakang yang dapat menguras CPU dan memori. 

2. Baterai atau Charger yang Rusak

Baterai atau charger yang rusak juga dapat jadi salah satu sebab HP cepat panas. Maka dari itu, periksa dua komponen tersebut agar HP kamu tidak mengalami kerusakan sistem akibat overheating. 

3. Terkena Sinar Matahari Langsung

HP yang terkena sinar matahari langsung ternyata dapat membuat suhunya mudah panas. Bukan tidak mungkin, HP yang terlalu lama di bawah sinar matahari akan membuat komponen internal rusak permanen.
 

4. Bermain Gim dan Streaming Video Terlalu Lama

Bermain gim dan streaming video dalam intensitas yang cukup tinggi ternyata dapat membebani kerja CPU dan GPU HP. Ini menyebabkan HP menjadi panas dan baterai jadi cepat boros. 

Cara Mengatasi Kenapa HP Cepat Panas

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi HP cepat panas. Berikut beberapa caranya: 

1. Tutup Semua Aplikasi

Bagi kamu yang ingin mendinginkan HP, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Setelah itu, istirahatkan ponsel dan tidak membuka aplikasi apapun dalam waktu yang cukup lama. 

2. Aktifkan Mode Pesawat 

Meski tidak digunakan, masih banyak orang yang mengaktifkan bluetooth, WiFi, hingga GPS. Jika tidak menggunakan fitur tersebut, nonaktifkanlah dan nyalakan mode pesawat. 

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Seperti disebutkan di awal, terpapar sinar matahari langsung dapat menyebabkan HP jadi cepat panas. Oleh sebab itu, jauhkan HP dari sinar matahari secara langsung dan simpan di tempat yang sejuk. 

Demikian ulasan mengenai penyebab kenapa HP cepat panas. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik