Momen Shin Tae-yong Bela Korea Selatan Bungkam Timnas Indonesia di Piala Asia 1996, Garuda Takluk 4-2

Momen Shin Tae-yong Bela Korea Selatan Bungkam Timnas Indonesia di Piala Asia 1996, Garuda Takluk 4-2

Olahraga | inews | Kamis, 25 April 2024 - 12:47
share

ABU DHABI, iNews.id – Momen Shin Tae-yong membela Timnas Korea Selatan membungkam Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 bakal dibahas dalam artikel ini. 

Shin Tae-yong (STY) yang kini menjadi pelatih Timnas Indonesia ternyata pernah memperkuat Timnas Korea Selatan saat melumat Indonesia di kejuaaraan antarnegara Asia itu. 

Momen tersebut terjadi pada fase grup. Pada kejuaaraan tersebut, Indonesia dan Korea Selatan tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uni Emirat Arab dan Kuwait.  

Pada matchday 1, Timnas Indonesia yang saat itu dilatih Danurwindo berhasil tampil mengejutkan. Tim Garuda tampil agresif dan berhasil unggul 2-0 lebih dulu atas Kuwait di Sheikh Zayed Stadium, Abu Dhabi, 4 Desember 1996. 

Gol pertama Indonesia tercipta dari sebuah proses serangan balik cepat yang membuat Ronny Wabia terlepas menembus sisi kiri pertahanan lawan sebelum melepas umpan yang disambut dengan tendangan bicycle kick Widodo C Putro pada menit ke-20. Gol tersebut tercatat sebagai salah satu gol terindah sepanjang sejarah Piala Asia. 

Kemudian, Indonesia menggandakan keunggulan lewat gol Ronny Wabia. Sayang, performa Tim Garuda menurun di babak kedua sehingga bisa disamakan lewat gol Hani Al Saqer (73) dan eksekusi penalti Badr Haji Al-Halabeej (84).

Timnas Indonesia Vs Korea Selatan, STY Masuk di Menit 33

Pada matchday 2, Indonesia berhadapan dengan Korea Selatan, juga di Stadion Sheikh Zayed, 7 Desember 1996. 

Pada laga tersebut, gawang Indonesia yang dikawal Hendro Kartiko kebobolan gol cepat Taeguk Warriors melalui Kim Do-hoon pada menit kelima. Tak lama kemudian, Korea Selatan menambah dua gol melalui brace Hwang Sun-hong (7, 15). 

Pada menit ke-33, Shin Tae-yong masuk menggantikan Roh Sang-rae. Kehadirannya membuat Korea Selatan menambah satu gol lewat Ko Jeong-woon (55). 

Sementara Indonesia hanya bisa membalas dua gol lewat Ronny Wabia (58) dan Widodo C Putro (65). Tim Garuda pun kalah 2-4. 

Kemudian, pada matchday terakhir grup, Indonesia kembali kalah 0-2 dari Uni Emirat Arab. Gawang Hendro Kartiko dua kali jebol lewat aksi Hassan Saeed (15) dan Adnan Al-Talyani (64). 

Kekalahan itu membuat Indonesia gagal lolos ke perempat final. Tim Garuda terdampar di dasar klasemen Grup A dengan poin 1. Sementara tuan rumah Uni Emirat Arab finis di puncak klasemen dengan poin 7. 

Kuwait finis di peringkat 2 dengan poin 4 setara dengan Korea Selatan di peringkat 3. Meski finis ketiga, Shin Tae-yong dkk tetap lolos ke perempat final sebagai satu dari tiga peringkat ketiga terbaik. 

Topik Menarik