Jokowi Tak Bentuk Tim Transisi Pemerintahan, Yakin Peralihan Bakal Mulus

Jokowi Tak Bentuk Tim Transisi Pemerintahan, Yakin Peralihan Bakal Mulus

Terkini | inews | Rabu, 24 April 2024 - 11:48
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak akan membentuk tim transisi pemerintahan. Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kini telah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh KPU.

"Ndak, ndak, ndak (ada tim transisi)," kata Jokowi di ICE BSD, Tanggerang, Rabu (24/4/2024).

Meski begitu, Jokowi menyebut pemerintah telah menyiapkan transisi agar pemerintahan Prabowo-Gibran bisa langsung bekerja usai dilantik pada Oktober 2024 mendatang.

Jokowi meyakini peralihan pemerintahan bakal berjalan dengan mulus.

"Kita itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik. Kalau itu juga diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih," kata Jokowi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Prabowo-Gibran ditetapkan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada Senin (22/4/2024).

Topik Menarik