Alasan Anies Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di Gedung KPU

Alasan Anies Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di Gedung KPU

Terkini | inews | Rabu, 24 April 2024 - 11:10
share

JAKARTA, iNews.id - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menghadiri penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Kantor KPU, Jakarta Rabu (24/4/2024) pagi. Anies menyampaikan alasan menghadiri acara ini.

Anies mengatakan, kehadirannya di gedung KPU sebagai penghormatan dalam proses bernegara.

"Ini adalah sebuah proses bernegara dan kita menghormati proses bernegara ini hingga tuntas, karena itulah, kami bersama di sini menghormati proses," kata Anies.

Meski mengaku menghormati proses bernegara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) tidak boleh dilupakan. Pasalnya banyak catatan terkait pemilu yang harus menjadi bahan perbaikan.

"Semua kami kerjakan dengan tanpa melupakan dan ingin mengingatkan pada semua bahwa pada sidang MK kemarin, banyak sekali catatan-catatan yang harus menjadi bahan perbaikan, dan itu harus, tetapi ingat di sisi lain kita hormati proses bernegara, itu sebabnya kita hadir di sini," kata Anies.

Sementara itu, Ganjar Pranowo tidak menghadiri penetapan Prabowo-Gibran di KPU. Ganjar mengatakan sedang berada di Yogyakarta.

"Kebetulan saya di Yogya, jadi tidak bisa datang," kata Ganjar melalui pesan singkat, Rabu (24/4/2024).

Ganjar mengaku tidak mendapat undangan khusus terkait acara rapat pleno itu. Sebab menurutnya, undangan awal ditujukan kepada ketua umum partai.

"Saya baru terima kabar pagi ini. Semalam saya tanya staf saya, tidak ada undangan," kata dia.

"Tadi saya konfirmasi ke staf, undangan awalnya untuk para ketua partai," tambahnya.

Topik Menarik