Israel Serang Iran, Pengamat Sebut Bisa Berdampak ke Ekonomi RI

Israel Serang Iran, Pengamat Sebut Bisa Berdampak ke Ekonomi RI

Ekonomi | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 14:02
share

JAKARTA, iNews.id - Israel dikabarkan menyerang Iran pada Kamis malam atau Jumat (19/4/2024) dini hari. Menurut laporan kantor berita Fars, terdengar ledakan di sebuah bandara di Kota Isafahan, Iran, Namun tidak merinci penyebab ledakan.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Internasional Hikmahanto Juwana menilai konflik Iran dan Israel akan berdampak dan berimbas pada ekonomi Indonesia.

"Yang pasti kalau dalam bidang ekonomi kita akan terimbas juga dan ini enggak hanya Indonesia sebenarnya tapi dunia, tapi kita akan terimbas," ujar Hikmahanto kepada iNews Media Group , Jumat (19/4/2024).

Hikmahanto menambahkan, saat ini Pemerintah Indonesia sedang dalam masa transisi perumusan APBN. Menurutnya, bakal ada perubahan dari APBN jika konflik Iran-Israel terus terjadi.

"Terpenting adalah bagaimana kita tidak juga tergantung pada impor dari luar negeri dan kemudian juga tidak tergantung pada pendapatan dari ekspor kita ke luar negeri. Ini menjadi tantangan karena ekonomi Indonesia dalam negeri yang harus dikuatkan. Sehingga dampak itu bisa dimitigasi walaupun saya yakin akan sangat sulit untuk kita hadapi seperti itu," kata dia.

Pemerintah, kata Hikmahanto, juga harus menjelaskan atau mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dampak konflik di Timur Tengah pada perekonomian Indonesia.

"Ini penting juga bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi kepada publik ya kepada masyarakat kita bahwa akan terjadi pengetatan ikat pinggang karena adanya perang yang terjadi di Timur Tengah ini yang ber-ekskalasi, tadinya kan kita berharap bisa di eskalasi tapi dengan adanya serangan Israel ke Iran sekarang ini bisa saja perang ini justru mengeskalasi," ucapnya.

Topik Menarik