Israel Serang Iran, Pengamat Wanti-wanti Skenario Perang Dunia III

Israel Serang Iran, Pengamat Wanti-wanti Skenario Perang Dunia III

Terkini | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 11:13
share

JAKARTA, iNews.id - Israel mulai melancarkan serangan ke Iran, Kamis malam atau Jumat (19/4/2024) dini hari. Ledakan dilaporkan terdengar di sebuah bandara di Kota Isfahan, Iran.

Pengamat internasional sekaligus Guru besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana menyesalkan serangan Israel ke Iran tersebut. 

“Kalau memang ini benar serangan dari Israel ke Iran, maka ini sungguh sangat disesalkan,” katanya dalam Breaking News iNews, Jumat (19/4/2024).

Dia mengatakan negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman hingga Inggris sudah mengimbau Israel agar tidak melakukan serangan balasan ke Iran. Bahkan, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sudah mengancam tidak akan mem-back up Israel jika menyerang balik Iran.

Dia mengatakan jika AS turun tangan maka situasi akan di ambang Perang Dunia III. “Dan kalau misalnya nanti Amerika Serikat turun, pertanyaannya adalah apakah negara lain di luar Timur Tengah juga akan turun seperti misalnya Rusia ya, bahkan juga Korea Utara, karena kalau misalnya mereka semua turun ini kita ini sudah di ambang Perang Dunia III ya,” tutur dia.

Dia mengatakan Menteri Luar Negeri Inggris dan Jerman datang ke Israel meminta kembali kepada Perdana Menteri Netanyahu untuk tidak melakukan serangan. “Meskipun dalam pernyataan Perdana Menteri Netanyahu sudah mengatakan bahwa beliau mengapresiasi saran-saran yang disampaikan tapi adalah keputusan dari Israel, rakyat Israel untuk melakukan serangan balik ke Iran atau tidak,” kata dia.

“Dan kalau benar sekarang ini terjadi, yang saya khawatirkan adalah pernyataan dari Kepala Staf Angkatan Bersenjata dari Iran, yang mengatakan bahwa serangan ke Israel pada waktu itu kan terbatas dan hanya pada saat kemarin saja dan sudah diakhiri. Tapi, beliau mengatakan bahwa Iran akan melakukan serangan yang lebih masif yang lebih besar apabila Israel melakukan serangan balik ke Iran. Dan ini sudah kalau misalnya benar, ini sudah dilakukan oleh Israel. Dan yang saya khawatirkan adalah akan terjadi serangan balik dari Iran ke Israel,” tuturnya. 

Topik Menarik