Gus Fawait Calon Kuat Bupati Jember, Potensi Geser Hendy Siswanto

Gus Fawait Calon Kuat Bupati Jember, Potensi Geser Hendy Siswanto

Terkini | surabaya.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:00
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gus Fawait calon kuat Bupati Jember. Berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) untuk pilkada 2024, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim ini sangat berpotesi menggeser Hendy Siswanto.

Menariknya, mayoritas pemilih Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin itu adalah kaum perempuan atau emak-emak.

Selain Gus Muhammad Fawait, ada nama Hendy Siswanto, dr. Faida, KH. Firjaun Barlaman, Abdussalam, Haji Nanang Handono dan Gus Jadin.

"Dari 3 Tokoh, Gus Fawait, Hendy Siswanto dan Faida mengalami tren kenaikan elektabilitas. Pada periode Januari - April 2024, Gus Fawait mengalami kenaikan elektabilitas yang sangat signifikan. Terutama dari pemilih perempuan atau emak-emak yang sangat mendongkrak," kata Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt.

Baihaki Sirajt mengatakan, secara popularitas Hendy Siswanto dan Dokter Faida sangat dikenal oleh masyarakat Jember. Bahkan melebihi 98 masyarakat mengenal, tetapi dalam tingkat kesukaan untuk Hendy Siswanto kurang dari 50  

"Untuk tingkat elektabilitas, Gus Fawait masih tertinggi tetapi dalam selisih tidak terlalu jauh dengan Hendy Siswanto," terang Baihaki.

Untuk calon Wakil Bupati, menurut Baihaki, pemilih masih di Dominasi Gus Firjaun dan KH. Muqid. Masyarakat Jember menginginkan Bupati dan Wakil Bupati nanti lebih peduli pada Masyarakat.

Baihaki melanjutkan, masyarakat menginginkan pemimpin Jember bersih dari korupsi serta religius. Menurut Baihaki, masyarakat Jember juga sudah melek informasi. 

"Terbukti 90 masyarakat mempunyai HP andoid dan aplikasi Whatsapp," imbuhnya.

Survei ARCI menggunakan metode Stratified Multi Stage Random Sampling. Dengan jumlah sampel dalam survei ini adalah 1000 Responden dengan Margin Of Error ± 3 , dengan tingkat kepercayaan 95 . 

"Metode pengumpulan data responden terpilih diwawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang terlatih," pungkas Baihaki. 

Topik Menarik